TNI

Pangdam III/Siliwangi: “Profesionalisme Prajurit Wanita TNI Sebagai Kebutuhan”

Bandung.Swara Jabbar Com.-Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menghadiri acara syukuran Apel Bersama Wanita TNI tahun 2023, bertempat di Graha Tirta Siliwangi
Jl. Lombok No.10 Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/05/2023).

Syukuran Apel Bersama Wanita TNI, diikuti 250 orang prajurit wanita TNI dari tiap matra wilayah Gartap II Bandung, yaitu, Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad), Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) dan Wanita TNI Angkatan Udara (Wara). Kegiatan tersebut mengusung tema “Wanita TNI Sebagai Patriot NKRI Siap Mendukung Pembangunan Nasional”.

Pangdam III/Siliwangi dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam mengatakan bahwa, apel bersama Wanita TNI Tahun 2023 merupakan sarana untuk refleksi dan renungan bagi peningkatan kapasitas dan kapabilitas individu sebagai prajurit, serta kinerja satuan. Setiap organisasi memiliki obsesi untuk menjadi profesional guna menjawab setiap tantangan yang berkembang dari masa ke masa.

Saat ini, peran dan tugas tidak dibagi berdasarkan ”gender”, melainkan karena kualitas, kapasitas dan kompetensi. Saat ini sudah banyak kaum wanita yang berperan dan berkarya nyata bagi kelangsungan dan keberhasilan pembangunan nasional.

“Profesionalisme dalam pengabdian Prajurit Korps Wanita TNI saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus diwujudkan,” tegas Pangdam.

Pangdam mengingatkan bahwa keberhasilan dari seorang Wanita TNI, pada akhirnya akan diukur oleh sejauh mana menjaga marwahnya sebagai wanita dalam membangun keluarga yang harmonis, menjaga kehormatan suami, membina rumah tangga dan membesarkan anak-anak dalam pengasuhannya untuk menjadi manusia dewasa yang berakhlaq, berkarakter, berprestasi, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara.

Prajurit Korps Wanita TNI akan terus berupaya membangun dirinya menjadi prajurit yang profesional dan mandiri terutama dalam mengabdikan diri bagi kepentingan satuan, bangsa dan negara. Sehingga tuntutan ”multi peran” bagi setiap anggota Korps Wanita TNI, harus dijalankan dengan sebaik-baiknya secara selaras dan seimbang.

Turut hadir pada acara tersebut, Irdam III/Siliwangi, Danpusdik Kowad Kodiklatad, Danlanal Bandung, Kasubdisbinfungsi Dispsiad, Kasubdisbindoklistaka Disjarahad, Kasubditbinminpets PNS Ditajenad, Perwakilan
Pengurus Dharma Pertiwi Daerah C, Pater Wara dan Pater Polwan Wilayah Bandung. (Pendam III/Siliwangi).