Politik

Pilih Wakil Rakyat yang Berkarakter

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

选出一个品德高尚,真诚为民,执着为人民谋福祉的领导人
Xuǎn chū yīgè pǐndé gāoshàng, zhēnchéng wèi mín, zhízhuó wéi rénmín móu fúzhǐ de lǐngdǎo rén artinya pilih pemimpin yang memiliki karakter kuat, ketulusan bekerja untuk rakyat, gigih berjuang untuk kesejahteraan rakyat kecil.

Pemilu 2024 tinggal beberapa bulan lagi. Tahapan Pemilu saat ini sudah memasuki pendaftaran para caleg ke KPU, kemudian KPU akan menyeleksi persyaratan para caleg.

Kita lihat di TV dan media media, nama para artis dan orang beken terkenal di calonkan sebagai caleg. Untuk dapat dukungan suara yang banyak, supaya masuk parlemen threshold dan supaya masuk di kelas menengah akhirnya mencalonkan artis dan orang terkenal.

Sahabat sahabat saya juga mendaftar sebagai caleg. Ada kekaguman dan kesedihan dalam hati saya. Kekaguman karena sahabat sahabat saya tiba tiba ikut peduli untuk menolong rakyat kecil lewat pencalegannya. Padahal selama ini sahabatnya sakit, dia tidak peduli dan tidak menolong, sekarang tiba tiba dia bilang peduli sama nasib rakyat kecil, membuat saya tersenyum, mudah mudahan dia sudah sadar dalam hati saya. Ada juga sahabat saya berkali kali jadi caleg tetapi selalu gagal terpilih.

Dalam membangun karir tidak bisa dikerjakan dalam waktu semalam. Tetapi harus ada ketulusan, pengorbanan, kesabaran dan perjuangan.
Selama ini Sahabat saya yang selalu gagal dalam pencalegan, tidak terpilih karena dia hanya aktif waktu masa kampanye, sehari harinya malas untuk turun ke bawah, hanya pasang spanduk di sepanjang jalan tetapi tidak pernah datang ke daerah pemilihan. Ada juga yang hanya bagi kartu nama tetapi tidak pernah berdiskusi dengan warga di daerah pemilihan.

Untuk dapat dukungan suara harus rajin turun ke daerah pemilihan bertemu dengan warga. Harus ada ketulusan, pengorbanan, dan kesabaran.

Pilihlah wakil rakyat yang memiliki karakter yang jelas, pilih wakil rakyat yang memiliki track record yang bagus. Bukan karena terkenal tetapi memiliki karakter dan track record yang bagus. Yang benar benar mau bekerja untuk rakyat, memperjuangkan nasib rakyat. Pilih wakil rakyat yang selalu sediakan waktunya untuk rakyat dapat mengerti isi hati rakyat.

Mungkin ini dapat menjadi renungan kita bersama. Saya pernah bertanya kepada sahabat saya yang saya tahu betul bahwa dia layak untuk jadi caleg karena dia selalu aktif dalam kegiatan sosial, dan bersahaja. Saya bertanya kenapa tidak jadi caleg?Sahabat saya menjawab saya tidak takut kalah, saya tidak takut tidak terpilih tetapi yang membuat saya takut jika saya terpilih ternyata saya tidak bisa bekerja untuk rakyat, tidak dapat memenuhi harapan dari yang pilih saya. Kata kata bijak sahabat saya membuat saya sampai hari ini tidak berani jadi caleg, karena takut tidak bisa bekerja untuk rakyat, tidak dapat memenuhi harapan dari yang pilih saya.