Pendidikan

SDN 1 Jayagiri Panumbangan Ciamis, Gelar Samen dan Perpisahan Siswa-Siswi

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Kalender pembelajaran siswa,, Sekolah Dasar (SD) Saat ini Sekolah-sekolah mulai sibuk dengan beberapa agenda terakhir yaitu perpisahan dan pembagian raport siswa.

Istilah Samen atau kegiatan ceremony perpisahan dan kegiatan pembagian raport kenaikan kelas kini mulai kembali ramai di setiap sekolah, ini berbeda dengan 2 tahun sebelumnya yang sempat terhenti karena pandemi.

Dari amatan langsung, salahsatu sekolah yang tengah menggelar samen (istilah sunda untuk bagi raport : red) dan perpisahan siswa adalah SDN 1 Jayagiri Dusun Cimuncang, Jayagiri, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis Prov. Jawa Barat. Selasa (20/6/2023)


Untuk agenda istimewa tersebut pihak sekolah mempersiapkan banyak hal, termasuk kreasi seni kreativitas siswa. kegiatan kenaikan dan perpisahan diadakan di halaman Sekolah SDN 1 Jayagiri dengan sangat meriah dengan menampilkan kesenian tradisional seperti kesenian angklung pencak silat dan paduan suara begitu juga tarian tarian.

Keterangan tersebut disampaikan Kepala SDN 1 Jayagiri Dra. Hj.Yani Mukyanti menuturkan samen adalah agenda tahunan yang istimewa. Di lingkungan sekolahnya, ia mengaku samen biasa diisi pentas seni.

“Tujuannya adalah untuk menumbuhkan sikap percaya diri, berani, kreatif dalam upaya menyalurkan bakat, minat siswa dibidang seni. Selain itu, samen dan ragam acaranya juga menjadi momen silaturahmi yang erat dengan orangtua,” ungkapnya.

Lebih jauh Kepala SDN 1 Jayagiri Dra. Hj. Yani Mukyanti mengatakan berterima kasih kepada panitia Komite Sekolah SDN 1 Jayagiri yang sudah mengondisikan biaya untuk acara samenan ini atau kenaikan dan perpisahan ini dengan rasa syukur ujarnya.

Acara kenaikan dan perpisahan ini dihadiri oleh Kepala Desa Jayagiri Hendrik Irawan dan dari kepolisian Polsek Panumbangan begitu juga dari Koramil Panumbangan beserta para tokoh Ulama KH.Lili S beserta Ustad Rosilin Zam Zami.(Zenal)