Regional

Masih adakah Bencana yang akan lewat

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya.

避难所和要塞城之神
Bìnàn suǒ hé yàosài chéng zhī shén artinya Tuhan tempat perlindungan dan kota benteng yang kokoh
Gempa yang berpusat di Bantul dirasakan di Cirebon, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dampak rumah rusak terbanyak berada di Kabupaten Gunung Kidul sebanyak 58 unit, Bantul 31, Kulon Progo 16 dan Sleman 1.
Gempa di Bantul Yogyakarta mengingatkan kita adanya Zona Subduksi Selatan Jawa selalu aktif kata kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam Konferensi pers secara daring Jumat malam.
Yogyakarta seperti yang kita ketahui termasuk kawasan seismik dari laut ada Zona subduksi berpotensi mencapai 8,7 magnitude.

Di daratannya terdapat sesar opak magnitudenya kemungkinan mencapai 6,6.
Megathrust itu terjadi akibat pertemuan antar lempeng tektonik bumi di lokasi zona subduksi. Seperti kita ketahui arti subduksi adalah tumbukan antara dua atau lebih lempeng tektonik yang salahq satunya menghujam ke lempeng dibawah yang lain.

Diakibatkan adanya Lempeng Indo Australia dan Eurasia dapat juga mengakibatkan tsunami. Di Jawa berdasarkan catatan sejarah terjadi sebanyak 8 kali yaitu tahun 1818, 1840, 1859, 1904, 1921, 1957, 1994 di Banyuwangi dan di Pangandaran tahun 2006.

Daerah Selatan Jawa rawan bencana gempa megatrust mungkin juga tsunami akibat pertemuan lempeng Indo Australia dan Eurasia jadi kemungkinan Juli 2023- Maret 2024 rawan gempa mungkin.juga tsunami.
Nopember 2023- Februari 2024 juga rawan banjir mencairnya Gletser akibat pemanasan bumi di beberapa negara.