Parlementaria

Hj.Sari Sundari : FORNAS VII Ajang Perekat Rasa Persaudaraan ILDI Se-Indonesia

Kabupten Bandung. Swara Jabbar Com.-FORNAS VII Tahun 2023 tuan rumahnya Jawa Barat, kebetulan Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan, memang saya Ketua Inorda ILDI Jawa Barat yang tempat lombanya bertempat di Gedung Andromeda Lanud Sulaeman Kabupaten Bandung.

Dengan kepesertaan kegiatan ILDI yang diikuti 26 Provinsi se-Indonesia.Harusnya kegiatan ini dilaksanakan 2 tahun sekali, tapi ini hanya 1 tahun jaraknya dari yang terakhir FORNAS VI dilaksanakan di Palembang. Alhamdulillah kegiata pembukaan FORNAS semalam di Stadion Jalak Harupat sangat meriah, bagus dan sukses.hal ini dikatakan Ketua ILDI Jawa Barat Hj.Sari Sundari,Sein (3/7/2023).

Lebih jauh, Hj Sari Sundari yang juga sebagai Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat mengatakan Kesiapan dari Kontingen Jawa Bawa Barat, sebagai ketua ILDI Jawa Barat untuk yang mengikuti lomba meminta masing-masing DPW_DPW Kabupaten/Kota se-Jawa Barat , karena ILDI belum ada di 27 Kabupaten/Kota , hanya ada di 8 Kabupaten/Kota seperti Kota/Kab Bogor, Kota Depok,Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, daerah-daerah yang dekat dengan DKI yang sudah respon dengan kegiatan ILDI.

Untuk peserta lomba saat ini perwakilan dari DPW Kabupaten/Kota yang mewakili atas nama Jawa Barat, motivasi kedepan sekarang ILDI baru ada di 8 Kab/Kota , kedepan akan terus sosialisasi agar ILDI terbentuk di seluruh Kab/Kota se Jawa Barat, apalagi pada ajang FORNAS VIIII yang akan dilaksanakan di NTB ujar Hj.Sari Sundari.

Untuk peserta Lomba ILDI sebagai perwakilan Jawa Barat kedepannya akan diadakan penjaringan di Tingkat Provinsi dulu, baru di FORPROV yang memang menjadi pertimbangan untuk mengikuti lomba.Kegiatan Inorda merupakan olah raga rekreasi bisa mendaftar secara mandiri tidak ke DPW karena tanpa pembayaran tapi harus ada ijin dan rekomendasi dari ILDI Povinsi dan dibatasi.

Dengan diselenggarakan FORNAS VII khususnya ILDI di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung, Harapannya ILDI lebih di kenal di masyarakat bahwa langkah Dansa bukan langkah dansa berpasangan.

ILDI merupakan olah raga, pemilihan lagu pun disesuaikan dengan lagu-lagu daerah untuk kearifan lokal harus diperhatikan/dimunculkan .Kedepannya selain ingin lebih dikenal juga diharapkan di setiap kab/kota di Jawa barat ada DPW ILDI , targetnya 15 Kabupaten/Kota yang mau membentuk kepengurusan walaupun sudah ada sanggar tapi belum ada kesiapan untuk pembentukan kepengurusannya tandas Hj.Sari Sundari.

Kegiatan ILDI ini ada katagorinya seperti katagori remaja, katagori usia.Kegiatan ILDI lebih memperhatikan langkah dan gerakan-gerakannya , kegiatan ini sangat menyenangkan lebih kepada memori supaya tidak cepat pikun.

Ada katagori usia remaja 18 tahun keatas dan kebawah, katagori usia 40 tahun kebawah dan 40 tahun kebawah gerakannya disesuaikan dengan usia.

Pesan-pesan agar Jawa Barat menjadi Juara yaitu di dorong kegiatan olah raga rekreasi ini diregulasi dikebijakannya diperhatikan dan memahami bagaimana perhatian pemerintah terhadap olah raga rekreasi ini, karena bukan olah raga prestasi seperti pertandingan ada yang kalah dan ada yang menang tapi sebagai bentuk apresiasi terhadap latihan mereka selama ini karena sudah mendapatkan gerakan-gerakan baru dan kreatifitas .Dengan adanya FORNAS VII ini menjadi Ajang Perekat Rasa Persatuan ILDI Se-Indonesia, menjalin silaturahmi dan persaudaraan, membangun kreatifitas karena ada ide-ide baru Pungkas Hj.Sari Sundari (AP)