Parlementaria

Hj.Tia Fitriani Kunker ke KPP, Terkait Pembangunan Sarana dan Prasaranan Pelabuhan Ikan di Jabar

Jakarta.Swara Jabbar Com.-Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan Konsultasi ke Direktorat Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dalam rangka mendapatkan data dan informasi terkait Pembangunan Sarana dan Prasarana Pelabuhan Perikanan di Jawa Barat, Selasa (4/7/2023).

 

Pada Kesempatan tersebut hadir Anggota Komisi II Fraksi Partai NasDem Hj Tia Fitriani

 

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap merupakan unsur pelaksana pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

 

Usaha perikanan tangkap adalah usaha perikanan yang berbasis pada kegiatan penangkapan ikan dan/atau kegiatan pengangkutan ikan. Jenis usaha perikanan tangkap meliputi: Usaha penangkapan ikan ujar Hj.Tia Fitriani.

 

Legislator Perempuan Partai NasDem Hj.Tia Fitriani Asal Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menuturkan Tujuan pengelolaan perikanan tangkap yaitu, meningkatkan taraf hidup nelayan, penerimaan dan devisa negara, mendorong perluasan kesempatan kerja, meningkatkan ketersediaan dan konsumsi sumber protein ikan, mengoptimalkan pengelolaan sumberdaya ikan, meningkatkan produktivitas, mutu, nilai tambah dan daya saing.

 

Kegiatan Perikanan tangkap yaitu Usaha perikanan tangkap adalah usaha perikanan yang berbasis pada kegiatan penangkapan ikan dan/atau kegiatan pengangkutan ikan. Contoh bisnis perikanan tangkap ini di antaranya penangkapan ikan sarden, ikan tuna, ikan bawal bahari, dan sebagainya yang menggunakan alat-alat penangkapan ikan. Permasalahan Perikanan Tangkap yaitu Lemahnya data perikanan yang belum akurat, TPI yang tidak merata dan tidak memenuhi. standar yang layak serta lemahnya UU tentang perikanan, Kemiskinan yang dihadapi nelayan, Lemahnya Armada Perikanan dan Illegal Fishing Perairan Indonesia.

Harapan kunjungan kerja ini , selain mendapatkan data dan informasi terkait Pembangunan Sarana dan Prasarana Pelabuhan Perikanan di Jawa Barat, semoga sektor perikanan di Jawa Barat menjadi ujung tombak perekonomian dan para nelayan taraf kehidupannya sejahtera Pungkas Hj.Tia Fitriani (AP)