Pemerintahan

Bappenda Kota Cimahi Bertekad Realisasi Hasil Pajak Rp.200.000 Milyar.

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Badan Pengelola Pendapatan (Bappenda) Kota Cimahi berharap realisasi hasil pajak daerah tahun ini bisa menembus Rp 200 miliar. Ada sembilan jenis pajak daerah di Kota Cimahi yang menjadi andalan.

“Tahun ini kita berharap dari pajak daerah tahun ini bisa terealisasi hingga Rp 200 miliar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Kepala Bidang Penerimaan dan Pengendalian Pendapatan Bapenda Kota Cimahi,¬†Faisal pada Senin (10/7/2023).

Ada sembilan jenis pajak daerah di Kota Cimahi yanh menjadi penyumbang PAD yakni pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, Bea Perolehan Hak Tanah Dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB).

Faisal mengungkapkan tahun ini pihaknya menargetkan Rp 183 miliar dari pajak daerah. Namun jika melihat tren beberapa tahun terakhir pihaknya optimis harapan untuk menembus Rp 200 miliar bisa terealisasi.

“Kalau targetnya Rp 183 miliar. Tapi memang kita optimis bisa tembus Rp 200 miliar. Karena memang trennya setiap tahun ada peningkatan,” ujar Faisal.

Dirinya mengatakan, saat pandemi COVID-19 melanda tahun 2020 sejumlah sektor pajak daerah menjadi terdampak. Hal itu dikarenakan sektor-sektor penyumbang pajak daerah seperti restoran, industri hingga hiburan menjadi terdampak.

Bahkan, ungkap Faisal, hingga kini masih ada industri masih terdampak sisa COVID-19 karena kehilangan order. Hal itu tentunya berdampak terhadap pembayaran pajak. “Jadi memang ada sektor yang sekarang sudah bangkit lagi tapi ada juga yang masih terdampak karena kehilangan order,” katanya.

Faisal melanjutkan akan terus menggali potensi pajak yang  bisa mendongkrak PAD. Di antaranya meminta wajib pajak yang memiliki tunggakan agar segera melunasinya. Sebab, piutang pajak sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil pajak daerah.(hms/difa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.