Regional

Wisata Kuliner

Yogyakarta.Swara Jabbar Com.-

 

Oleh Jeremy Huang Wijaya

15 Juli 2023 bersama Rosie, Teddy Sutardi dan Julia Christiani Utami kami berangkat ke Jogjakarta jam 4 pagi melalui Tol Cisumdawu yang baru diresmikan. Perjalanan yang Indah dan menyenangkan menyaksikan pemandangan alam. Dari tol Cisumdawu langsung masuk ke toll pali kanci, langsung keluar toll kali kangkung, masuk ke toll Salatiga keluar Boyolali langsung ke Jogjakarta.

Adanya toll Cisumdawu membuat perjalanan jadi lebih cepat. Dapat langsung ke Jawa tengah dan Jogja menghemat waktu dan bbm. Toll Cisumdawu dapat memudahkan pemburu kuliner untuk menikmati kuliner di kota lain.
Di Jogjakarta kami menikmati Gudeg Ibu Lies di Jalan Sosrowijayan dan makan pecel di Teras Bringharjo depan pasar Bringharjo. Kemudian makan gudeg di Sagan dan membeli bakpia kurnia sari di glagah sari

Dalam perjalanan pulang kami membeli wajik Week legendaris di Magelang. Brand Wajik Week ini merupakan penggalan ddari kata ‘Gweek’ yang ada di nama Ong Gweek Nio.sebenarnya Ong Gweek Nio bukan perintis wajik ini. Ong King Liem Nenek dari Ong Gweek Nio di tahun 1939 adalah perintis dan pembuat Wajik yang kini dikenal dengan nama wajik Week. Dahulu Ong King Nio bukan hanya membuat wajik saja tetapi segala macam tradisional Jawa seperti Onde Onde Juadah, kripik tempe dan juga peyek. Ketika Ong King Liem meninggal barulah Ong Gweek Nio meneruskan usaha makanan ini dan memperluas penjualan ke kecamatan dan kabupaten lain.Ong Gweek Nio menjalani bisnis ini hingga akhir hayatnya di tahun 1972.

Kemudian dilanjutkan oleh adik perempuannya bernama Ong Hwa Nio. Ketika Ong Hwa Nio meninggal di tahun 1979 dilanjutkan oleh kakaknya bernama Ong Joe Tjoan. Hanya 10 bulan Ong Joe Tjoan menjalankan bisnis pembuatan wajik ini karena Ong Joe Tjoan meninggal dilanjutkan oleh Untung Sugianto. Tahun 1986 Untung Sugianto mendaftarkan Week sebagai merek dagang.Bahan dasar wajik adalah beras ketan, santan kelapa, dan gula merah..
Wajik ternyata telah ada sejak masa kerajaan Majapahit di abad ke 16. Wajik ada di Kitab Nawasuci karya Mpu Siswamurti.Nama lain Kitab Nawasuci adalah Sang Hyang Tattawajnana