Regional

Mengapa suhu dingin di malam hingga pagi hari di musim kemarau

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Dibeberapa tempat di musim kemarau ini seperti di Bandung, Cimahi, Sumedang, Kab Bandung mengalami perubahan suhu mencapai 17 derajat celcius, nilai suhu minimum normal pada bulan Juli adalah 18,2 derajat celcius dan pada agustus 17,5 derajat celcius. Suhu dingin ekstrem berpeluang terjadi dimusim kemarau yakni disaat malam hingga pagi kira kira pukul 17-05 pagi saat siang hari terik sinar matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan.

Permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal ini terjadi karena saat malam bumi melepaskan energi karena tak ada awan akibatnya malam hingga dini hati radiasi yang disimpan di permukaan bumi secara maksimal melepas mengakibatkan permukaan bumi mendingin dengan cepat karena kehilangan energi secara maksimal selain itu karena musim dingin di wilayah Australia menyebapergerakan masa udara dingin menuju Indonesia yang dikenal angin monsun Australia. Suhu dingin ini hanya terjadi dibulan juli hingga awal september. Pertengahan september akan menghangat kembali.

Oleh sebab itu dimalam hari dan pagi hari perbanyak minum air hangat. Gunakan jaket di malam hari dan gunakan kaos kaki untuk menghangatkan tubuh. Karena ketika kaki hangat akan menghangatkan seluruh tubuh, gunakan minyak kayu putih atau balsem oleskan di telapak kaki dan kaki. Bagi masyarakat Cina,telapak kaki adalah vital. Terletak di titik terendah tubuh manusia, kaki menanggung beban seluruh tubuh, sehingga menjadi bagian pertama yang merasakan masalah kesehatan pada tubuh.

Kaki juga memiliki hubungan yang kuat dengan kesehatan seluruh tubuh, maka ada banyak titik pijat di kaki berdasarkan pengobatan tradisional Cina (TCM).
Minumlah rebusan air jahe merah atau beras kencur di musim dingin ini.
Manfaat jahe merah Menjaga daya tahan tubuh. …
Mencegah masalah pencernaan. …
Mengurangi nyeri otot dan sendi. …
Memperbaiki gairah seksual. …
Mengatasi asam urat. …
Mengurangi morning sickness.