Ekonomi

Swieke Makanan Khas Waled, Jamblang dan Jatiwangi

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Di Gardu Jati Bandung ada yang jual Swieke Jatiwangi.
Jatiwangi Majalengka, Jamblang Kabupaten Cirebon, Mundu dan Waled juga terkenal dengan masakan Swiekenya.
Jamblang tidak hanya terkenal dengan nasi jamblang tetapi terkenal juga dengan Swiekenya.

Gambirlaya, Swieke Ciledug di jalan Sutomo kota Cirebon juga terkenal dengan Swiekenya.
Di jalan merdeka kota Cirebon juga terkenal dengan Swiekenya.

Dengan adanya tol cisumdawu yang baru diresmikan memudahkan pecinta kuliner dapat berburu kuliner dengan mudah dan cepat.

Susanto RD Full Gospel Business Man Fellowship TKI Kab Bandung bersama Ibunya dan istrinya meminta kepada saya untuk diantarkan makan swieke. Kemudian saya bawa Susanto bersama istri dan orang tuanya makan swieke di Waled Kab Bandung. Lewat tol Cisumdawu kami makan swieke di Waled Kab Cirebon.

Swieke adalah masakan khas Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Swieke berasal dari dialek Hokkian China. Swieke berasal dari kata Sui yang artinya Air dan Ke artinya Ayam. Karena Swieke itu berbahan dasar kaki kodok (umumnya dari “kodok hijau” atau “kodok ijo” hampir mirip dengan kaki ayam. Daging kodok hampir mirip rasanya perpaduan ayam dan ikan. Kaki kodok hijau dimasak dengan bumbu bawang putih, jahe, dan tauco, garam, dan lada.

Daging paha kodok kini dimasak dengan aneka inovasi ada yang di goreng, dan ada yang menggunakan saos asam manis dan saos padang.

Di Purwodadi Jawa Tengah juga terkenal dengan Swiekenya.
Jadi di Kota Cirebon, dan Kabupaten Cirebon terkenal bukan hanya Nasi Jamblang, Empal Gentong Mie Koclok, Nasi Lengko, Gado Gado Ayam dan Docang, sudah lama Swieke Waled Kab Cirebon dan Swieke Jamblang terkenal. Swieke Jamblang yang terkenal dekat dengan Sekolah BPK Penabur dan dekat dengan Kelenteng Jamblang Cirebon.