Parlementaria

Sari Sundari : Mendorong Pemdaprov Jabar Berikan Perhatian Khusus pada SLB Negeri.

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Sari Sundari.S.Sos.MM  Pantau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SLB Negeri Cinta Asih di Soreang Kab. Bandung, Jum’at (21/7/23).

Sari Sundari mengatakan SLB Negeri Cinta Asih merupakan sarana untuk anak – anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan. Namun begitu sarana yang ada saat ini dirasa belum optimal.

“Sangat sempit, ada puluhan rombongan belajar hanya dalam beberapa kelas. Sangat-sangat sempit” ujar nya.

Anak-anak berkebutuhan khusus ini tentunya membutuhkan perhatian khusus sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak-anak harus terpenuhi.

“Sekolah ini terlalu kecil untuk sebuah SLB Negeri, apalagi untuk pengembangan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus pasti membutuhkan perhatian yang lebih”, tambahnya Sari Sundari.

Sari Sundari berharap ada perencanaan matang dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar anak-anak berkebutuhan khusus ini tetap mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara seperti halnya hak mendapatkan pendidikan.

Ia pun mendorong agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus memperhatikan berbagai kebutuhan untuk anak-anak bisa terus bersekolah.

“Yang saya dengar sudah mengajukan tempat yang lebih luas supaya daya tampung anak – anak juga lebih banyak plus fasilitas dan sarana yang dibutuhkan anak-anak bisa terpenuhi, saya berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat lebih memperhatikan SLB Negeri ini”, ujarnya.

 

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam dua tahun terahir, jumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri di Jawa Barat bertambah 13 menjadi 51 unit.

Hal itu karena ada pembangunan sekolah baru dan pengalihan sekolah luar biasa swasta menjadi sekolah negeri

Pada tahun 2020, jumlah SLB Negeri di Jabar 38 sekolah sedangkan SLB swasta 190 sekolah. Namun dalam dua tahun terakhir jumlah SLB negeri itu menjadi 51 atau bertambah 13 sekolah.(AP)