Parlementaria

Hj.Sumiyati : UMKM Penyangga Sistem Perekonomian.

Bekasi,Swara Jabbar Com.-Upaya untuk mendorong penguatan kemajuan perempuan dalam ekonomi. Perempuan sebagai pelaku ekonomi memiliki potensi besar dalam berkontribusi membangun ketahanan ekonomi Indonesia maupun di Jawa Barat.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Sumiyati mengungkapkan, banyak perempuan berkiprah dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam upaya memenuhi kebutuhan ekonominya.

Menurut legislator yang membidangi keuangan ini salah satu garapanya dunia usaha termasuk UMKM boleh dikatakan merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia maupun di Jawa Barat.Sektor UMKM dan koperasi mampu menjadi penyangga sistem perekonomian,jelas Hj.Sumiyati

Lebih lanjut dikatakan Legislator PDI Perjuangan Hj.Sumiyati Dapil Jabar VIII meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok mengatakan saat ini peran perempuan sangat penting,pendukung penguatan ekonomi nasional sebagai benteng untuk menghadapi tantangan di tengah perkembangan era 4.0.

Peran perempuan di sektor UMKM pada umumnya terkait dengan bidang perdagangan dan industri pengolahan, seperti warung makan, toko kelontong, pengolahan makanan, industri kerajinan, dan lain-lain.

Ditambahkannya adapun bidang yang digeluti perempuan karena keleluasaannya untuk dilakukan di rumah, sehingga tidak melupakan perannya sebagai ibu rumah tangga. Akan tetapi, pengembangan UMKM dalam konteks ini harus diletakkan sebagai usaha peningkatan produktivitas sektor publik,pungkasnya. (AP)