Parlementaria

Sari Sundari : Keluarga Pilar Utama Pendidikan Pertama

Bandung.Swara Jabbar Com.-Ketahanan keluarga adalah kemampuan menghadapi dan mengelola masalah dalam situasi sulit agar fungsi keluarga tetap berjalan dengan harmonis, untuk mencapai kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin anggotanya

Ada lima (5) aspek ketahanan keluarga dalam berumah tangga, yaitu memiliki kemandirian nilai, kemandirian ekonomi, tahan menghadapi goncangan keluarga, keuletan dan ketangguhan dalam memainkan peran sosial dan mampu menyelesaikan problema yang dihadapi.Hal ini dikatakan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Sari Sundari.

  

Lebih jauh, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sari Sundari menuturkan Keluarga merupakan pilar pendidikan pertama dan utama dalam menumbuhkan sikap mencintai tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, memahami Pancasila sebagai ideologi negara, menumbuhkan rasa rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 87 tahun 2014 membagi fungsi keluarga menjadi delapan fungsi yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan.ujar Sari Sundari.

Ketahanan keluarga merupakan fondasi ketahanan nasional karena keluarga sebagai sistem mikro, mempengaruhi sistem yang lebih besar yang ada dalam masyarakat. Oleh karena itu mengapa ketahanan keluarga sangat penting dilakukan. Pungkasnya. (AP)