Pendidikan

DOKTOR KANAKO DARI NAGOYA UNIVERSITY JEPANG AKAN BERKUNJUNG KE SMPN 4 SUMEDANG

Sumedang, Swara Jabbar Com.-Pada Senin 14 Agustus 2023, DR Kanako dari Nagoya University (Meidei) Jepang bersama para pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung akan berkunjung ke SMPN 4 Sumedang untuk berdialog di seputar perkembangan Lesson Study For Learning Community (LSLC) dari aspek penerapan dan manpaatnya bagi guru.

Demikian dikatakan Soni Darma Jatnika S.Pd Bio Kepala SMPN 4 Sumedang kepada Swara jabbar.com. Menurut Soni, dialog di SMPN 4 Sumedang nanti akan melibatkan kepala sekolah dan beberapa guru. Materi dialog, terkait penerapan LSLC di SMPN 4, ” Setelah dari sini, tamu-tamu itu kemungkinan akan ke Dinas Pendidikan , ” Ungkap Sony yang pernah diundang ke BangkokThailand untuk menidalami Lesson Study.

Dikatakan Soni, Kabupaten Sumedang merupakan filoting pelaksanaan LSLC di Indonesia. Bersama dua kabupaten lainnya, yakni Bantul untuk perwakilan Jawa Tengah. Sedangkan perwakilan Jawa Timur oleh Pasuruan. Di SMPN 4 baru berjalan dua semester. Seiring itu pula kerjasama dengan UPI telah dilaksanakan Pelatihan Guru Asia untuk model Transcript Based Lesson Analysis (TBLA).

Soni berkeyakinan bila strategi Lessom Study dijalankan semaksimal mungkin di berbagai jenjang pendidikan, mutu pendidikan di Indonesia akan lebih maju lagi. Ia sendiri berupaya terus untuk menerapkan strategi Lesson Study di sekolah-sekolah yang pernah dipimpinnya, termasuk di SMPN 1 Cibugel, SMPN 2 Cimalaka, SMPN 3 Rancakalong dan kini di SMPN 4 Sumedang. Bahkan, ketika di SMPN Cisarua, pernah mendapatkan kunjungan dari Republik Zambia Aprika Selatan. ( Tatang Tarmedi )