Pendidikan

KM Politeknik STTT Bandung Selenggarakan Openhouse Organisasi Mahasiswa

Bandung.Swara Jabbar Com.-Keluarga Mahasiswa (KM) Politeknik STTT Bandung menyelenggarakan pengenalan organisasi kemahasiswaan yang bertajuk openhouse kepada mahasiswa baru pada Jumat (18/8/2023) kemarin.

Sejarah kampus Politeknik STTT Bandung diawali sejak pemerintahan Hindia Belanda, dengan didirikan pertama bernama Textile Inrichten Bandoeng (TIB) pada 1 April tahun 1922. Tahun lalu, secara de facto kampus ini telah genap berusia satu dekade beroperasi.

Politeknik STTT bandung sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, kampus ini juga tak luput dari peran dan tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal itu dengan menjadi pusat pengajaran dan pengembangan sains dan teknologi tekstil serta telah menghasilkan puluhan ribu lulusan yang berkiprah untuk pengabdian terhadap pembangunan Negara Indonesia.

Pada tahun ini, kampus tekstil ini juga melakukan penerimaan mahasiswa baru dan menyambut ratusan mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan dengan kegiatan Osmateks (orientasi mahasiswa tekstil). Ratusan mahasiswa baru tersebut diwajibkan untuk mengikuti kegiatan orientasi yang dimulai dari tanggal 14 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 18 kemarin.

Di kampus Politeknik STTT Bandung juga terdapat banyak organisasi kemahasiswaan. Mulai dari lembaga legislatif mahasiswa, lembaga eksekutif, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdiri dari berbagai bidang olahraga, seni, dan lembaga pers mahasiswa.

Selain itu, juga terdapat organisasi independen dan beberapa organisasi mahasiswa eksternal. Adanya organisasi mahasiswa menjadi tempat pembelajaran soft skill, kepemimpinan, kemampuan manajerial serta mengasah hobi dan minat kemahasiswaan.

Pada rangkaian Osmateks, 29 organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus ini menyelenggarakan pengenalan organisasi di dalam agenda open house kepada ratusan mahasiswa baru yang masuk pada tahun ajaran 2023-2024.

Idris Marzuki, mahasiswa jurusan Teknik Tekstil Angkatan 2020 yang juga Ketua Umum MPM KM-Politeknik STTT Bandung mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu pengenalan organisasi, silaturahmi antar organisasi kemahasiswaan serta memberikan kesan positif organisasi kepada mahasiswa baru.

“Pada open house ini, seluruh organisasi kemahasiswaan melakukan pengenalan. Hal ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan kerja sama antar ormawa (organisasi mahasiswa). Kami berharap kegiatan ini memberikan kesan yang baik dan pengalaman positif bagi mahasiswa baru” kata Idris (18/8).

Senada dengan itu, Puspasundani Agustiani dari organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STT Tekstil mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik karena memberikan edukasi keorganisasian kepada mahasiswa baru. Selain itu, ia mengapresiasi antusiasme mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan open house.

“Walaupun mahasiswa baru sudah lelah dengan banyaknya kegiatan osmatek, kegiatan bela negara indoor, tapi semangatnya patut diacungi jempol” tambah Puspa.

Tak ketinggalan, salah seorang mahasiswa baru 2023 jurusan Teknik Tekstil, Arrayan Ramadhani mengatakan bahwa ia antusias dengan semua kegiatan osmateks. Ia mengikuti seluruh kegiatan yang ada sampai dengan kegiatan openhouse pada hari terakhir. “Seru, asik, ya walaupun sedikit kelelahan karena banyak banget kegiatannya” tutupnya.

Kontributor: Agus Liwaya (IKA ITT-STTT-Politeknik STTT Bandung 2023-2027)