Pendidikan

Pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten Ciamis Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2023

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Kegiatan Festival Tunas bahasa ibu tingkat kabupaten Ciamis untuk jenjang sekolah dasar tahun 2023 dibuka langsung oleh sekertaris dinas pendidikan kabupaten Ciamis Uned Setiawan , kegiatan dilaksanakan di gedung sekolah SDN 1 Cijeungjing Ciamis. Rabu (23/8/2023)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang pembinaan SD, Kasi peserta didik SD, koordinator wilayah pendidikan se- kabupaten Ciamis, pengawas SD se Kabupaten Ciamis, dewan juri dan anak-anak peserta Festival Tunas bahasa ibu.

Kepala dinas pendidikan Dr. H. Asep saeful Rahmat S.Ip M.si melalui sekertaris Uned Setiawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Festival Tunas bahasa ibu yang rutin kita laksanakan merupakan bagian utama dari program merdeka belajar episode ke- 17, disamping itu untuk melestarikan budaya bahasa daerah melalui lomba yang akan dilaksanakan mulai hari ini.

“Selain itu, Festival Tunas bahasa ibu dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat sikap (karakter), memperluas pengetahuan (wawasan) dan mengembangkan sikap positif siswa SD sekaligus melihat hasil pembelajaran bahasa dan sastra sunda,” ungkapnya.

Uned berharap, dengan terlaksananya kegiatan Festival tunas bahasa ibu ini dapat mewujudkan generasi yang cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubahan, serta pelestarian bahasa ibu tidak hanya sampai pada kegiatan Festival saja, tetapi dapat dilaksanakan dan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

“Dalam kegiatan ini, siapapun nanti yang terpilih menjadi duta dari kabupaten Ciamis untuk mewakili ke tingkat provinsi dapat membawa harum nama baik daerah kabupaten Ciamis, untuk itu, kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baik nya,” ungkapnya.

“Atas nama dinas pendidikan kabupaten Ciamis mewakili jajaran pemerintah daerah mengucapkan, terimakasih kepada panitia penyelenggara, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses serta mendapatkan peserta terbaik untuk kabupaten Ciamis, dan semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (Zenal)