Parlementaria

Rafael Situmorang Mendorong Potensi Desa untuk Tingkatkan Perekonomian.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Potensi desa, merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan desa.

Desa memiliki potensi yang sangat besar dan berdampak luas bagi kehidupan masyarakat, terutama dalam segi perekonomian. Namun sayangnya, saat ini potensi desa belum secara optimal dikembangkan.

Kehadiran BUMDes yang diharapkan menjadi satu gerakan nasional yang dapat berdiri dan berkembang dirasa belum optimal.

Menyikapi hal tersebut, Rafael Situmorang, Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat meminta Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) dapat memberikan andil dalam pengembangan potensi desa di Jawa Barat.

“Kami berharap Komisi bisa menjadi pembina walaupun itu tugas dari DPM Desa, kami akan support dari sisi regulasi,” ujar Politikus PDI Perjuangan Rafael Situmorang.

“Untuk itu, kami menjaring aspirasi dan informasi secara langsung, bagaimana rumusan pengembangan BUMDes harus hidup berkembang dan memberikan masukan bagi PADdes,” tegas Rafael.

Pihaknya meminta, agar Pemerintah Pusat khususnya bidang perpajakan atau OJK membuat semacam kebijakan khusus atau diskresu untuk BUMDes agar pajaknya tidak disamakan dengan wajib pajak usaha lainnya.

Sebab, menurutnya selain berorientasi pada bisnis, BUMDes juga memiliki orientasi sosial yang dinilai tinggi untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

“Artinya bukan untuk orang perorangan melainkan untuk kepentingan masyarakat langsung,” pungkasnya Rafael Situmorang. (AP)