Pendidikan

DRA. HJ. CUCUM M.Pd.I PEJUANG PRAMUKA DARI KECAMATAN TANJUNGMEDAR SUMEDANG

Sumedang, Swara Jabbar Com.-Nama Dra. Hj. Cucum M.PdI di kalangan para penggiat pramuka di Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang, mungkin tidak bakal asing lagi. Betapa tidak, Kepala SD Ciranjang di Desa Sukamukti ini, dipercaya sebagai Ketua Kwarran Pramuka Kecamatan Tanjungmedar.

Hj Cucum mengungkapkan, kecintaannya kepada Pramuka dari mulai SD, SMP hingga di PGA. Di setiap jenjang sekolah, ia selalu menjadi ” primadona ” di setiap kegiatan pramuka. Kecintaan itu tidak pernah lekang hingga lulus PGA. Bahkan, setelah diangkat jadi guru, gerakan Pramuka selalu dijadikan hal penting untuk dilaksanakan.

Selaku Ka Kwarran Tanjungmedar, Hj Cucum terus lakukan pembinaan terhadap Anggota Muda dan Anggota Dewasa. Bahkan, kata Hj Cucum, untuk anggota muda diantaranya ada yang telah tumbuh menjadi Siaga Garuda dan Penggalang Garuda, sedangkan untuk Anggota Dewasa, mereka ada yang menjadi pelatih, berdarmabakti dan pramuka panca warsa.

Menurut Hj Cucum, generasi muda masih berminat untuk berpramuka hanya tinggal memodipnya saja, ” Terutama, dalam memberikan metodik kepramukaan harus lebih menarik dan menantang siswa, ” katanya.
Di era Media Sosial, Hj Cucum mencontohkan, aktivitas kepramukaan pun bisa di youtubekan atau dimediasosialkan. Dengan demikian, mereka akan lebih termotivasi untuk terus berpramuka.

Dikatakan Hj Cucum, banyak manpaat dari aktivitas pramuka bagi generasi muda. Diantaranya, memupuk sifat kemandirian, ” Dalam pramuka ada kode etiknya. Tri satya dan Dasa Darma akan baik sekali bila dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi nomor sepuluhnya, sangat berat, suci dalam pikiran ucapan dan perbuatan. Bila dilaksanakan, bisa menjadi karakter bagus bagi siapapun, ” kilah Hj Cucum. ( Tatang Tarmedi )