Pemerintahan

Pemkot Cimahi beserta Perum Bulog Gelar Operasi Pasar Beras Murah

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Guna mengendalikan inflasi/kenaikan harga beras Medium di wilayah Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Bandung mengadakan operasi pasar beras murah yang dilakukan di 3 Kecamatan di Wilayah Kota Cimahi pada Rabu (20/09/2023).

Sasaran dari operasi pasar beras premium ini ditujukan pada masyarakat Kota Cimahi dengan membawa KTP sesuai domisili dan maksimal pembelian 1 pack/orang.

Adapun jenis beras yang digunakan pada Operasi Pasar adalah beras medium import kemasan 5 kg dengan harga dari Bulog sebesar Rp. 10 . 600,- per kg atau Rp.53.000 per 5 kg, harga ini sudah termasuk biaya angkut (transport), dari harga itu kemudian mendapat subsidi biaya angkut (transport) sebesar Rp. 400/kg dari Bank Indonesia. Sehingga beras dijual ke masyarakat dengan harga Rp.10.200/kg atau Rp. 51.000/5 kg nya.

Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi H. Dikdik S. Nugrahawan saat meninjau pelaksanaan operasi pasar beras di area gedung Cimahi Technopark mengatakan bahwa operasi pasar beras murah ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat.

“Hari ini kita sama-sama melaksanakan operasi beras murah untuk menekan angka inflasi yang berdampak pada harga beras, mudah mudahan dengan operasi ini harga beras di Cimahi ini tetap stabil, dan alhamdulillah ini terlaksana berkat bantuan dari Bulog yang Insya allah ini akan kami distribusikan kepada masyarakat di kota Cimahi,” tuturnya.

Lebih lanjut Dikdik menjelaskan bahwa beras yang didistribusikan oleh Bulog untuk setiap Kecamatan sebanyak 10 Ton, sehingga jumlah kuota yang disediakan untuk Operasi Pasar di 3 Kecamatan sebanyak kurang lebih 30 Ton. Untuk Per orang nya mendapat 1 kantong dengan berat 5 kg dengan harganya 1 kantong itu Rp 51.000, jadi jatuhnya 1 kg itu Rp 10.200, sedangkan harga dipasar saat ini sudah di kisaran Rp. 13.000,-/ 14.000, atau Rp. 17.000,- yang premiumnya.

Sementara Kepala Cabang Perum Bulog Bandung Erwin Budiana menyatakan pihaknya telah menyiapkan 30 ton beras untuk Kota Cimahi, masing-masing Kecamatan mendapatkan 10 ton.

Menurut Erwin sampai dengan saat ini persediaan beras masih banyak di gudang sampai dengan akhir tahun inisampai dengan sampai musim panen berikutnya diawal tahun stok berasa aman.

“Stok beras di gudang masih banyak, diperkirakan aman sampai awal tahun depan bahkan sampai panen berikutnya kita masih ada. Saya belum tahu persis tapi secara penyaluran kita akan sangat aman sampe dengan awal tahun depan, jadi gausah khawatir lah untuk stok persediaan di gudang bulog sangat aman,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan operasi pasar beras murah ini Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi Hela Haerani, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Tita Mariam, Perwakilandari Kejaksaaan Negeri Kota Cimahi dan Kepala Cabang Perum Bulog Bandung Erwin Budiana. (Bidang IKPS)