TNI

Semarak HUT ke-78 TNI, Satuan TNI di Wilayah Kodam III/Slw Bersama Seluruh Stakeholder Melaksanakan Senam SKJ 88, Bakti Kesehatan dan Bazar

Bandung.Swara Jabbar Com.-Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dan Bazar secara serentak diseluruh Indonesia serta acara senam SKJ 88 yang melibatkan semua matra TNI dan POLRI serta Forkopimda, Minggu (24/09/2023).

Pada kegiatan Senam SKJ 88, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko selaku Dangartap II/Bdg memulai kegiatan dengan memimpin langsung apel yang melibatkan 1.100 orang personel TNI dan POLRI serta dihadiri oleh Forkopimda Jawa Barat di Apron Lanud Husein Sastranegara.

Selesai melaksanakan Senam SKJ 88, Pangdam III/Slw dan rombongan menuju ke Rumah Sakit (RS) Dustira Cimahi untuk menghadiri kegiatan Bakti Kesehatan sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 TNI wilayah Kodam III/Slw.

Bakti Kesehatan yang dihadiri Pangdam III/Slw didampingi Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw tersebut meliputi kegiatan donor darah yang diikuti oleh 4.400 pendonor, pengobatan umum terhadap 5.350 orang, khitanan masal terhadap 255 anak dan operasi katarak sejumlah 150 orang.

“Kegiatan Bakti Kesehatan dilaksanakan secara tersebar di 25 wilayah, untuk pengobatan bagi masyarakat kurang mampu. Khusus untuk operasi dilakukan di Rumah Sakit Dustira dan Rumah Sakit Salak Bogor. Baik itu operasi katarak, operasi bibir sumbing dan khitanan massal,” ucap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut setelah kegiatan Vicon dengan Panglima TNI. Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko melaksanakan donor darah dan melihat secara langsung pelaksanaan operasi katarak dan khitanan masal yang dilaksanakan di RS Dustira.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, Pangdam III/Siliwangi dan rombongan menuju ke lokasi kegiatan Bazar UMKM dan Bakti Sosial Serentak yang dipusatkan di Lapangan Bunut Kp. Pataruman Desa Margahurip Kec. Banjaran Kab. Bandung.

Kegiatan bazar UMKM tersebut diikuti oleh 50 stand dari masyarakat wilayah binaan Kodim 0618/Kota Bandung, Kodim 0609/Cimahi dan Kodim 0624/Kab. Bandung yang memiliki harga yang jauh lebih murah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 770 orang masyarakat.

Pangdam III/Slw mengatakan, di Pasar Murah tersebut tersedia beras organik, telur, daging ayam dan daging sapi yang semua harganya di bawah pasaran.

“Pasar murah tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap Masyarakat. Hal tersebut sesuai instruksi Presiden untuk menggelar pasar murah atau gelar pangan murah untuk membantu menyiapkan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang jauh lebih murah. Kegiatan serupa akan terus digelar untuk membantu masyakat yang memerlukan,” jelas Pangdam.

Mayjen TNI Erwin berpesan, apabila masyarakat memerlukan bantuan TNI di wilayahnya agar tidak sungkan untuk melaporkannya ke Kodam maupun ke Kodim terdekat untuk ditindak lanjuti.

“Kita juga akan terus berupaya membantu masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih dengan mencari titik-titik air. TNI besar karena masyarakat, sehingga harus saling silih asah, silih asih dan silih asuh sesuai wangsit siliwangi untuk selalu menyayangi masyarakat dan menghargai sesama,” pungkas Pangdam. (Pendam III/Siliwangi).