Pemerintahan

Pj. Gubernur Jabar Hadiri Istana Berbatik

Jakarta.Swara Jabbar Com.-Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Istana Berbatik di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023). Event yang digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa batik tidak hanya merupakan sebuah karya seni, tetapi juga warisan budaya takbenda dunia yang diakui UNESCO pada 2 Oktober 2009.

“Dengan simbolisme, teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” tutur Presiden.

“Oleh sebab itu, melalui Istana Berbatik pada hari ini yang dilaksanakan untuk memperingati Hati Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober,” imbuhnya.

Presiden pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangga akan kekayaan seni dan budaya Indonesia, sekaligus melestarikannya dan mengembangkannya dari masa ke masa, dari generasi ke generasi.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan bahwa event Istana Batik menjadi momen untuk mempromosikan dan menampilkan batik sebagai produk asli dan karya kreatif warisan budaya Indonesia ke kancah dunia.

Istana Batik menampilkan fashion show yang melibatkan sekitar 500 peraga dari berbagai pihak, mulai dari pejabat negara, petinggi kementerian, sampai duta besar negara-negara sahabat.

“Dengan melibatkan 503 peraga yang terdiri dari perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, menteri dan wakil menteri, gubernur, pejabat kementerian, BUMN, atlet, model dan public figure,” tutur Angela.