Parlementaria

Hj.Elin Suharliah Mendorong BumDes Untuk Tingkatkan Ekonomi Berbasis Masyarakat

Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-Desa menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa dengan penyaluran Dana Desa dan program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Tujuan BUMDes seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Hal ini dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah

Lebih juah Legislator PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah Dapil Jabar III (Kabupaten Bnadung Barat) mengatakan Selain itu juga mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa.ujar Hj.Elin Suharliah.

Untuk itu pendirian BUM Desa harus berorientasi pada kepemilikan bersama (pemerintah desa dan masyarakat), tidak hanya memberikan manfaat finansial (pajak, pendapatan asli desa) tetapi juga manfaat ekonomi secara luas (lapangan kerja, ekonomi berkelanjutan, dll).

Hj Elin Suharliah memaparkan Kepala Desa harus menjalin koordinasi dengan BUMDes, agar menjadikan BUMDes tersebut dapat mewujudkan beberapa bidang usaha yang bernilai ekonomi tinggi.

“Contohnya jika salah satu bidang usaha yang dijalankan oleh beberapa pihak, seperti ibu ibu PKK, pengrajin UKM dan lainnya,menjadi contoh nyata yang dapat menghasilkan secara ekonomi,” paparnya.

BUMDes didirikan berdasarkan kebutuhan dan potensi desa yang merupakan prakarsa masyarakat desa. Artinya usaha yang kelak akan diwujudkan adalah digali dari keinginan dan hasrat untuk menciptakan sebuah kemajuan di dalam masyarakat desa.

Sehingga, lanjut Hj Elin  Suharliah mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan BumDes di Jabar dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya.

“Diharapkan dengan adanya BumDes ini dapat memberikan solusi agar tercipta peluang usaha ke depan yang lebih baik,”pungkasnya.(AP)