Regional

TUJUH KILOMETER LAGI JALAN DESA CIGENDEL BERTAHAP AKAN DIPERBAIKI

Sumedang, Swara Wanita Net.-Tidak kurang dari 7 km lagi status jalan desa di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Jawa Barat secara bertahap akan dibangun/ diperbaiki. Demikian diungkapkan H. Mulyana, Kepala Desa Cigendel kepada Jurnalis Media Swara Jabbar Senin (16-10-2023 ).

Dari Dana Desa (DD) Tahap II Tahun 2023, kata H. Mulyana, belum lama ini telah direalisasikan pembangunan rabat beton Jalan Caringin-Cikohkol sepanjang 400 meter lebar 4 meter ketinggian 10 cm ” Sebelumnya, diantaranya telah direalisasikan pula pembangunan jalan Sukalilah dan Cigergadung, ” ungkapnya lagi.

H. Mulyana merinci penerapan DD Tahap II Tahun 2023, salah satunya 20 persen untuk Ketahanan Pangan. Adapun sub kegiatan Program Ketahanan Pangan itu sendiri, kata Kades Mul, mencakup Teras Hejo dengan melibatkan dua Kelompok Wanita Tani (KWT), Jalan Usaha Tani dan pengembangan ternak domba menyebar di empat kelompok ternak.

Pemdes Cigendel, di bawah kepemimpinan Kades H. Mulyana, diantaranya telah berhasil memberdayakan BUMDes. BUMDes Maju Mandiri Ds Cigendel, mulai menggeliat dengan menjalankan beberapa program usaha. Berkat kedinamisannya itu, BUMDes Cigendel beberapa kali jadi kunjungan study banding bagi desa2 lain dari luar Kab. Sumedang.

Menurut sumber dari salah seorang perangkat desa yang enggan disebut namanya, keberhasilan Bumdes Maju Mandiri selama ini tidak lepas dari program-program usaha yang telah dijalankan dan efisiensi penyerapan bantuan dari pemerintah dan CSR swasta.

” Adapun bidang usaha lama masih berjalan, diantaranya sewa panggung. Sedangkan usaha akan dijalankan, diantaranya pemanfaatan tanah kas desa. Tapi, keberadaan BUMDes belum untuk menambah kesejahteraan perangkat. Hanya untuk melengkapi sarana dan prasaraba Bumdes itu sendiri saja,” ungkap sumber.