Pemerintahan

Pj. Walikota Cimahi H. Dicky Saromi Kunjungi Para Pelaku Industri Kreatif di Cimahi Technopark

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Pj. Wali Kota Cimahi H. Dicky Saromi melakukan kunjungan kerja dan melakukan diskusi dengan para pelaku industri kreatif yang berpusat di Convention Hall Cimahi Technopark pada Kamis (26/10/2023).

Kunjungan Dicky kepada para pelaku Industri kreatif merupakan salah satu agenda prioritas setelah dilantik sebagai Pj.Wali Kota Cimahi periode 2023-2024, sekaligus juga pesan dari Pj. Gubernur Jawa Barat agar bisa menjadi kan Technopark sebagai ikon dari kota Cimahi menjadi pusat industri kreatif.

Cimahi TechnoPark adalah wadah untuk anak muda kreatif Cimahi dalam berkreasi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk membina dan memfasilitasi perusahaan start up untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Pemerintah Daerah Kota Cimahi juga menyediakan Maker Space Digital Kreatif. merupakan sebuah program pendampingan bagi para pelaku bisnis di bidang template desain seperti desain grafis, fotografi, videografi, aset 2D dan 3D. Program ini dapat memberikan beberapa fasilitas bagi peserta selama satu tahun, seperti co-working space, Personal Computer, jaringan internet, kegiatan workshop dan pendampingan oleh mentor untuk memproduksi aset digital yang dapat dikomersilkan di marketplace global.

“Gedung Technopark ini merupakan tempat kumpulnya anak-anak kreatif yang di berikan tempat dengan tenen-tenennya, di berikan pelatihan, atau saling sharing dengan yang lainnya dalam dua tahun sudah bisa mandiri bisa berusaha bisnis yang akan mereka jalankan,” tutur Dicky Saromi saat di wawancara oleh para awak media.Lebih lanjut Dicky menjelaskan bahwa Technopark ini menjadi pusat kreativitas, dan bisa memajukan kota Cimahi. karya-karya mereka harus menjadi kontribusi yang nyata, untuk kemajuan kota Cimahi, sehingga Cimahi dapat tumbuh dan berkembang menjadi kota pusat

kreativitas.“untuk target jangka pendek kota Cimahi dulu, yang kami inginkan mereka membuat Brand Image atau Brand City Image untuk kota Cimahi,”imbuhnya.

Setelah melihat karya-karya yang ditampilkan para pelaku industri kreatif Dicky mengaku menjadi sangat tertarik dengan inovasi yang semakin canggih dan smooth, ia ingin semua aktifitas di pemerintahan kota Cimahi seperti sosialisasi, edukasi dan lainnya berkembang dengan gaya kekinian, oleh karena itu harus dibuat satu konsep sosialisasi dengan tampilan yang kekinian, dikaitkan dengan kegiatan ini.

Menurut Dicky konsep ini secara Nasional sudah bisa terlihat, seperti tadi ada yang sudah dimanfaatkan oleh stasiun TV/ Secara internasional beberapa yang masuk di market place disini sudah banyak yang membelinya, hal ini menunjukan bahwa anak-anak di Cimahi ini luar biasa hebat dan tidak kalah dengan di tempat lain, dan nantinya saya ingin karya-karya ini digebyarkan untuk ditunjukan ke publik, termasuk ke luar daerah untuk menunjukan karya-karya animasi anak-anak kota Cimahi, dan jika ingin belajar animasi bisa Cimahi.

“Dukungan dari pemerintah akan terus dilakukan, satu hal yang sangat dibutuhkan di jaman digitalisasi bahwa kita butuh anak-anak kreatif dengan segala animasinya, dan ini benar-benar sangat kompetitif dan bisa bersaing, mereka sangat kreatif dan mampu membuat animasi dengan kualitas internasional” Pungkasnya. (difa)