TNI

Respon Cepat Satgas Yonif 310/KK Evakuasi Warga Sakit Di Perbatasan RI-PNG

Keerom Papua.Swara Jabbar Com.-Pos Senggi Satgas Yonif 310/KK mengevakuasi warga Kampung SP II Woslay Distrik Senggi ke Rumah Sakit Dian Harapan di Waena Jayapura karena sakit pengeroposan tulang dan Low Back Pain/HNP, Jumat (27/10/2023).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya di Makotis (Markas Komando Taktis) Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (28/10/2023).

Evakuasi dilakukan setelah personel Satgas menerima laporan warga yang meminta pertolongan agar dibantu mengevakuasi orang tuanya yang sedang sakit. Kondisi Bapak Anton Sujarwo (56) yang mengalami sakit sehari-harinya hanya bisa berbaring dan tidak mampu duduk.

“Kami langsung bertindak cepat merespon keluhan warga tersebut. Berdasarkan hasil kordinasi dengan puskesmas setempat dan pihak keluarga, akhirnya diputuskan untuk pasien dirujuk ke Rumah Sakit Dian Harapan di Waena Jayapuran dengan estimasi waktu tempuh 6 jam perjalanan,” ucap Dansatgas.

Dansatgas memerintahkan Serka Dedih selaku Bintara Kesehatan (Bakes) Pos Senggi Satgas Yonif 310/KK untuk memimpin evakuasi pasien ke Rumah Sakit menggunakan Ambulan milik Satgas. Diperlukan penanganan yang sangat hati-hati, karena setiap anggota tubuh digerakkan, pasien akan berteriak kesakitan.

“Setibanya di Rumah Sakit, pasien langsung diperiksa tim medis. Personel Satgas membantu proses pendaftaran dan administrasi agar pelayanan pasien bisa langsung ditangani oleh Dokter Spesialis Saraf dan Ortopedi,” tutur Dansatgas

Sumiyati (52) istri pasien sangat terharu pada personel satgas yang telah membantu proses evakuasi suaminya ke rumah sakit, mulai menyiapkan ambulance hingga mendampingi di rumah sakit.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif 310/KK khususnya Pos senggi yang telah membantu keluarga kami dengan membawa suami ke rumah sakit. Semoga bapak-bapak TNI sehat selalu dalam melaksanakan tugasnya,” ungkap Sumiati (Pendam III/Siliwangi).