Parlementaria

Thoriqoh Nashrullah Fitriyah : Kobarkan Semangat Nilai-Nilai Perjuangan Para Pahlawan.

Bandung.Swara Wanita Net.-Hari Pahlawan Nasional diperingati 10 November  Peringatan ini untuk mengenang pahlawan-pahlawan yang telah berperan besar dalam merebut kemerdekaan dan membangun fondasi negara ini.

Tema Hari Pahlawan ke-78 ini adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Diangkat untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

 

“Hari Pahlawan adalah panggilan untuk merenung dan memaknai perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi masa depan bangsa ini. Mereka bukan hanya sekadar sosok dalam sejarah, tetapi teladan bagi generasi sekarang dan yang akan datang,” ujar.Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Thoriqoh Nashrullah Fitriyah

 

Tujuan Hari Pahlawan diperingati untuk menghormati kontribusi besar para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai serta identitas bangsa. Namun, peringatan 10 November ini bukan sekadar untuk mengenang.

Lebih dari itu, Hari Pahlawan diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk mengadopsi dan mengaplikasikan semangat para pahlawan yang telah gugur dalam kehidupan di masa kini maupun masa depan.

Ada makna inspiratif di balik tema Hari Pahlawan 2023, “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Masih dari Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023, tema tersebut berusaha untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk merenungkan perjuangan para pahlawan.

Mereka sengaja bercucur keringat, darah, dan air mata tidak semata-mata agar bangsa Indonesia meraih kemerdekaan saja. Lebih dari itu, mereka juga menginginkan agar NKRI semakin maju serta meraih kemerdekaan intelektual dan ekonomi.

Itu sebabnya, tema besar Hari Pahlawan tahun ini memberi bahan renungan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan agar terbebas dari kemiskinan dan kebodohan serta tercapainya bangsa yang adil, cerdas, dan makmur.

“Para pahlawan Indonesia berasal dari berbagai lapisan masyarakat, suku, dan agama. Mereka bersatu padu melawan penjajahan dan berjuang untuk menciptakan negara yang merdeka, adil, dan berdaulat. Semangat kebersamaan dan persatuan inilah yang masih menjadi tonggak utama dalam memaknai Hari Pahlawan,” ujar Thoriqoh Nashrullah Fitriyah

 

Di samping itu, peringatan Hari Pahlawan menjadi penting guna menjaga dan mengembangkan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh para pahlawan. Nilai-nilai seperti keberanian, patriotisme, dan semangat persatuan harus terus ditanamkan dalam setiap lapisan masyarakat.

“Melalui pemahaman yang mendalam terhadap perjuangan pahlawan, generasi muda dapat memahami betapa mahalnya kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,” jelasnya.

 

Lebih jauh , Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) Thoriqoh Nashrullah Fitriyah Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) mengatakan dengan memaknai Hari Pahlawan secara mendalam, masyarakat diingatkan akan tanggung jawab untuk menjaga dan memajukan Indonesia.

“Kita harus meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara mencintai tanah air, berkontribusi bagi kemajuan bangsa, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan persatuan. Dengan begitu, kita dapat mewujudkan cita-cita para pahlawan yang ingin melihat Indonesia sebagai negara yang makmur, adil, dan sejahtera,” pungkasnya.(AP)