Regional

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Ciamis Ajak Semua Elemen Masyarakat Lanjutkan Perjuangan Pahlawan

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Pemerintah kabupaten Ciamis Menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bertempat di halaman Pendopo Bupati, Jum’at, (10/11/2023).

Upacara peringatan Hari Pahlawan diikuti oleh unsur Forkompinda, seluruh ASN dan non ASN, TNI/ Polri serta sejumlah para pelajar. Rangkaian acara diakhiri dengan penaburan bunga di Taman Makam Pahlawan Imbanagara.

Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Bupati Ciamis, dalam sambutannya, mengucapkan “Selamat Hari Pahlawan tahun 2023” atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Hari Pahlawan bagi Bupati bukan sekadar peringatan, melainkan momentum berharga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan keberanian dan pengorbanan dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan.

Meskipun kini kita tidak lagi dihadapkan pada penjajah, Bupati menegaskan bahwa kewajiban kita saat ini adalah meneruskan semangat perjuangan dan keberanian para pahlawan terdahulu. Hal ini penting dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Dalam konteks saat ini, Indonesia sedang berjuang melawan kemiskinan, kebodohan, dan ketertinggalan dari bangsa lain, ” ucapnya.

Bupati menekankan bahwa untuk mengatasi hal ini, tidak hanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan, tetapi juga semangat perjuangan dan pengorbanan dari seluruh masyarakat.

“Semangat ini sejalan dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, yaitu “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kebodohan dan Kemiskinan, ” Terangnya.

Dalam kesempatan yang berharga ini, Bupati Ciamis juga memberikan santunan kepada dua orang janda perintis. Tindakan ini tidak hanya sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang, tetapi juga sebagai wujud kepedulian terhadap keluarga mereka yang ditinggalkan.