Parlementaria

Pepep Saepul Hidayat : Pajak Komponen Utama Sumber Pendapatan Negara.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Pepep Saepul Hidayat mengatakan Pajak adalah salah satu komponen utama sumber pendapatan negara,kesadaran masyarakat membayar pajak tentu harus diikuti oleh keterbukaan informasi pengunaan dan pengelolanya.

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pepep Saepul Hidayat mendorong upaya optimalisasi implementasi perda tentang pajak dan retribusi Provinsi Jawa Barat oleh pemda.

Pasalnya, pajak dan retribusi merupakan salah satu sektor strategis yang menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD), sehingga implementasi perda tersebut sangat perlu untuk dioptimalisasi.

“Perda inikan merupakan payung hukum untuk menggali potensi PAD, jadi implementasinya harus benar-benar dioptimalisasi agar PAD bisa meningkat dan pembangunan bisa terus berjalan,” ucap Pepep Saepul Hidayat.

Ada berbagai jenis pungutan pajak dan retribusi yang perlu dioptimalisasi diantaranya yakni kendaraan bermotor, biaya balik nama, alat berat, BBM, air permukaan, rokok serta objek pajak mineral logam bukan mineral.

Dengan optimalisasi implementasi perda itu maka seiring waktu PAD Jawa Barat bisa terus meningkat dan mampu memenuhi target yang tertuang dalam APBD yang telah ditentukan.

“Kita meyakini bahwa apabila implementasinya bagus dan optimal maka dampaknya PAD akan meningkat serta target dalam APBD pun bisa tercapai. Diperlukan keseriusan dan kerja keras pemda dalam mengimplementasikan perda itu,” Tutup Pepep Saepu Hidayat.(AP)