Parlementaria

Diskominfo Kota Cimahi Mulai Tingkatkan Kualitas Publikasi Data

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi telah melaksanakan workshop interoperabilitas data dan visualisasi data sektoral, untuk meningkatkan kualitas data dan Visualisasi Data Sektoral, di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Rabu (15/11/2023).

Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Cimahi, Hendi Purwanda mengharapkan, output dari kegiatan ini dapat menghasilkan data yang lebih akurat, yang mudah diakses, dan terpublikasi dengan visualisasi yang menarik, sehingga orang atau pengguna data akan mudah mencerna informasi yang ada didalam data yang disajikan.

 

“Semoga kita dapat mewujudkan data yang lebih baik, data yang akurat, mutakhir dan mudah diakses lalu dapat menjadi salah satu landasan dalam Perencanaan atau Perumusan,” ungkapnya.

Selanjutnya, menurut Hendi kembali, pembangunan dengan adanya komitmen bersama.

“Mulai dari Pimpinan tertinggi Pak Pj. Walikota, Pak Sekda, dan Pak Kadis yang terkait dengan ketersediaan dan penyajian data ini, mudah-mudahan kualitas data yang dimiliki Pemerintah Daerah Kota Cimahi akan menjadi lebih lengkap, lebih menarik dan bermanfaat optimal.” harap Hendi.

 

Begitu pula menurut Kepala Seksi Data dan Statistik Diskominfo Kota Cimahi, Azis Sumaryono, maksud dan tujuan diadakannya Workshop Interoperabilitas Data dan Visualisasi Data Sektoral ini adalah memberikan literasi Interoperabilitas Data kepada Pengelola Data perangkat daerah di Kota Cimahi. Peningkatan Kemampuan Teknis Penyusunan Visualisasi Data Sektora. Memberikan Literasi Fitur E-Walidata Portal Satu Data pada Pengelola Data perangkat daerah di Kota Cimahi, dan Melaksanakan Evaluasi atas Ketersediaan Data dan Publikasi Data pada Portal Satu Data Kota Cimahi.

“Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Walidata mempunyai tugas dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan Satu Data dan ketersediaan data Sektoral, memeriksa atau memverifikasi kesesuaian data, menyebarluaskan data serta penyelenggaraan Tata Kelola Aplikasi Satu Data dan Satu Peta Kota Cimahi. Diperlukan Komitmen dan Sinergi serta Geraklangkah yang terkoordinasi dalam mewujudkan Satu Data Indonesia di Kota Cimahi,” tutup Azis.

 

Karena dari data tersebut dapat dilihat gambaran kondisi yang ada, sehingga dapat diprediksi kondisi yang akan datang.

Sehubungan dengan hal tersebut, sudah barang tentu Pemerintah Daerah Kota Cimahi diharapkan dapat memiliki data yang berkualitas dan terpublikasi dengan baik dan menarik untuk mendukung penyusunan perencanaan program pembangunan yang tepat.

Acara tersebut dihadiri oleh 30 orang Person in charge (PIC) dan pendukung perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Daerah Kota Cimahi.
Sedangkan sebagai narasumber dalam workshop tersebut Shinta Prima Astuti (Business Intelligence Analyst) dan Rohmat Hidayat (Informatic Engineer) dari Jabar Digital Service (JDS).

(difa)