Pariwisata

Malioboro

Yogyakarta.Swara Jabbar Com.-Malioboro menjadi salah ikon wisata Kota Jogja yang sangat populer di kalangan wisatawan. Terdapat beberapa destinasi wisata dekat Malioboro yang menarik untuk dikunjungi, sehingga wisatawan bisa sekaligus berwisata ke beberapa tempat.

Destinasi wisata tersebut menawarkan berbagai macam daya tariknya masing-masing. Mulai dari museum, keraton hingga tempat bersejarah lainnya. Tentu saja, sayang untuk dilewatkan saat liburan di Jogja.

 

Bagi yang tengah liburan di Kota Jogja, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata dekat Malioboro yang menarik untuk dikunjungi bersama sahabat maupun keluarga tercinta.

Jogja National Museum

Jogja National Museum atau biasa disingkat JNM merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada dekat Malioboro. Jaraknya hanya sekitar 2 km, atau bisa ditempuh sekitar 11 menit dengan berkendara.
Museum ini dulunya merupakan area komplek gedung Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang kini telah berdiri sendiri menjadi Institut Seni Indonesia atau ISI Yogyakarta.
 

 

Gedung ini dijadikan museum pada tahun 2006 dan digunakan untuk ruang aktivitas seni dan budaya untuk publik. Ada berbagai macam karya seni yang dipamerkan di museum ini, mulai lukisan, pahatan, maupun instalasi seni kontemporer.
Bagi yang tertarik mengunjungi destinasi wisata ini, Jogja National Museum berada di Jalan Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Taman Pintar

Rekomendasi destinasi wisata yang berada tak jauh dari Malioboro selanjutnya adalah Taman Pintar. Destinasi wisata ini hany berjarak sekitar 1,4 KM dari Malioboro, atau sekitar 10 menit dengan berjalan kaki.
Pengunjung bisa belajar sejarah, teknologi, flora, hingga fauna di Taman Pintar. Dikutip dari situs tamanpintar.co.id, ada beberapa wahana di tempat ini, seperti ruang planetarium, wahana bahari, area perpustakaan, gedung Kotak, dan gedung oval.
 
Taman pintar berada di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu istana dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Malioboro.
Jaraknya hanya sekitar 1,1 KM dari Malioboro. Pengunjung bisa berjalan kaki menuju lokasi wisata tersebut dengan berjalan kaki sekitar 13 menit. 
 
Selain menikmati suasana keraton, pengunjung juga bisa menemukan museum yang menyimpan koleksi benda-benda milik Kesultanan Yogyakarta. Salah satunya yakni koleksi kereta kuda yang berusia puluhan hingga ratusan tahun.
 
Bangunan keraton ini terletak di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00-14.00 WIB. Khusus hari Jumat, tempat ini tutup pukul 12.00 
 
Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata dekat Malioboro di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan. Semoga bisa menambah daftar referensi destinasi wisata di Kota Gude *