Parlementaria

Banjir di Kota Bandung Selasa Malam 5 Desember 2023 Apa Kata Anggota DPRD Kota Bandung

Bandung.Swara Jabbar Com.

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Selasa malam 5-Desember 2023 Banjir dibeberapa tempat di Kota Bandung, seperti Asia Afrika Braga, Terusan Pasir Koja, Cibaduyut, Jalan Sudirman depan Pasar Andir, Dalem Kaum dan beberapa tempat lainnya. Motor Penulis juga mogok terkena banjir di Jalan Asia Afrika.

Bagaimana pendapat Anggota DPRD Kota Bandung tentang Fenomena Banjir semalam. Inilah Pendapat Dr. Uung Tanuwidjaja, SE., MM. Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Bandung:” Ya antisipasi yang di lakukan oleh Pemkot Bandung dalam mengatasi banjir masih belum optimal..kita bisa melihat dalam musim hujan ini ternyata masih ada banjir dan genangan yang terjadi di mana mana.walaupun sempat terjadi pengurangan titik genangan dari tahun ke tahun….fungsi kolam retensi yang hanya memperlambat tempo banjir karena ketika volume penampungan sudah tidak tertampung akhirnya meluber kemana mana…juga sedimentasi anak sungai dan sungai yang belum sempat dikeruk juga mengakibatkan banjir .. masalah banjir ini bukan masalah kota Bandung saja..tetapi kota kota yang di aliri sungai yang sama ..seperti Cimahi..Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat,.. seringkali saya mengingatkan permasalahan banjir ini tidak bisa di selesaikan sendiri sendiri..harus ada grand design pengairan atau drainase untuk kota bandung secara khusus dan digabung dengan rencana design penanggulangan banjir kota kota tetangga.. sehingga permasalahan banjir ini bisa teratasi.


Contoh revitalisasi daerah aliran sungai dan anak sungai ..pembebasan lahan di daerah pemukiman yang berada di kiri kanan daerah yang dilintasi oleh sungai dan anak sungai itu disertai pemasangan pompa-pompa di daerah yang sering terdampak genangan. .butuh dana sangat besar dan fokus ..supaya masalah banjir ini bisa terpecahkan .
Masalah banjir ini diakibatkan banyak faktor….karena faktor manusia yang masih sering buang sampah sembarangan ke sungai.. Ada juga faktor pembangunan di daerah sungai dan anak sungai yang menyebabkan pemyempitan sungai. Sedimentasi sungai di hilir yang menyebabkan air sungai meluap tak tertampung, Kurangnya daya serap air hujan akibat pembangunan yang mengurangi ruang terbuka hijau. Dan faktor cuaca yang ekstrem membuat curah hujan meningkat.

Pemkot Bandung harus segera melakukan evaluasi dini melalui program program kerja, sebelum kita masuk ke musim penghujan sampai tahun depan. “Kata Dr. Uung Tanuwidjaja, SE., MM. Pemilu 2024, Dr. Uung Tanuwidjaja, SE, MM maju sebagai Caleg DPRD Kota Bandung dari Nasdem Dapil 7: meliputi Sukasari, Andir, Cicendo dan Sukajadi
Sementara itu Christian Julianto Budiman anggota DPRD Kota Bandung dari PSI Berpendapat :”Tentu kita prihatin ya. Awal musim hujan kita mengalami banjir di banyak titik. Memang ‘Cileuncang’, langsung surut ketika hujan deras sudah reda, tapi ketinggiannya tidak biasanya seperti ini.

Kejadian ini harus menjadi alarm, agar pemkot terus menggalakan program yang berkaitan dengan infrastruktur. Program Mapag Hujan yang sempat disampaikan bapak PJ Walikota harus terus dioptimalisasi, mengingat musim hujan masih panjang.

Lebih jauh, karena ini terjadi di Bandung Raya, bukan hanya di wilayah kota, saya pikir perlu ada langkah gabungan yang dilakukan kepala daerah se-Bandung Raya untuk menyelesaikan masalah banjir ini.

Masyarakat juga harus membantu penanganan banjir. Langkah paling sederhana adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai. Karena sampah yang menyumbat juga sering kali menjadi penyebab banjir. “kata Christian Julianto Budiman, Pemilu 2024 akan maju kembali dari PSI Dapil 5 meliputi “Bojoloa Kaler, Astanaanyar dan Regol”

Folmer Siswanto Silalahi Anggota DPRD Kota Bandung dari PDIP mengharapkan Pemerintah Kota Bandung terutama Dinas terkait untuk lebih serius menangani Banjir, memperbaiki drainase supaya berfungsi dengan baik, memperbanyak daerah resapan air, memperbanyak pompa pompa didaerah yang sering tergenang seperti Cibaduyut, Sudirman, Pagarsih, Terusan Pasir Koja, dan lainnya. sedimentasi Sungai yang harus dikeruk berbicara dengan Pemerintah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat untuk memperbanyak daerah terbuka hijau. Dan memperbanyak resapan air