Parlementaria

Hj.Sumiyati : Pajak Daerah Sebagai Elemen Kunci Dalam Mendukung Pembangunan.

Bekasi.Swara Jabbar Com.Hj. Sumiyati, sebagai anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan memandang pajak daerah sebagai elemen kunci dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Visinya mencerminkan kesadaran akan pentingnya peran pajak sebagai sumber pendapatan utama pemerintah daerah yang dapat digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan dan layanan publik.

Menurut Hj. Sumiyati, pajak daerah bukan hanya sebagai kewajiban hukum bagi masyarakat, melainkan juga sebagai bentuk partisipasi aktif dalam pembangunan daerah. Dalam pandangannya, setiap kontribusi pajak memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan,
pendidikan, dan program-program sosial lainnya yang dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Lebih jauh, Politisi Perempuan PDI Perjuangan Dapil Jabar VIII (Kota Bekasi-Kota Depok)  menuturkan percaya bahwa dengan memadai pendapatan pajak, pemerintah daerah dapat lebih mandiri dalam merencanakan dan melaksanakan program-program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Ini memberikan fleksibilitas dan tanggung jawab bagi daerah untuk merancang kebijakan yang lebih sesuai dengan realitas dan keunikan setempat.

Pajak daerah juga menjadi instrumen yang mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah. Hj. Sumiyati menekankan pentingnya mengelolapendapatan pajak dengan baik, memastikan bahwa dana yang dikumpulkan digunakan secara efisien dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hal ini menciptakan kepercayaan dari masyarakat terhadap pemerintah dan menegaskan prinsip good governance.Selain itu, Hj. Sumiyati merangkul kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pajak daerah melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi. Dia berupaya memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang peran dan dampak positif yang dapat dihasilkan dari kontribusi pajak mereka. Dalam pandangannya,masyarakat yang sadar pajak dapat berkontribusi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembangunan bersama.

Dengan mengedepankan pemahaman, partisipasi aktif, dan transparansi, Provinsi Jawa Barat berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pajak daerah sebagai instrumen kunci dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan di tingkat provinsi pungkasnya.(AP)