Parlementaria

Terowongan Ruas Jalan Tol Cisumdawu Aman Dilalui Masyarakat

Sumedang.Swara Jabbar Com.-Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat pastikan ruas jalan Tol Cisumdawu dipastikan aman dan dapat dilalui oleh masyarakat. Pasalnya, sebelumnya beredar kabar bahwa terowongan yang berada di ruas jalan tol Cisamdawu mengalami keretakan akibat gempa yang menimpa Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Tetep Abdullatip saat kunjungan kerja Komisi IV ke PT. Citra Karya Jabar Tol sebagai Kantor Pengelola Jalan Tol Cisumdawu, Kamis, (11/01/2024).

Tetep menambahkan, pihaknya ingin memastikan bahwa kanar yang beredar tersebut tidak benar, saat ini Komisi IV telah meninjau secara langsung.

“Alhamdulillah sudah mendapat kejelasan bahwa ternyata tidak ada retakan, itu jalur sambungan yang kotor akibat jaring laba-laba dan itu sudah dibersihkan” ujar Tetep.

Terjadinya bencana gempa alam tersebut, lanjut Tetep pihak CKJT akan melakukan kajian lebih lanjut untuk mengukur kekuatan terowongan dan ruas jalan Tol Cisumdawu guna mengantisipasi gempa susulan yang lebih besar.

“Kemudian ada kajian untuk melihat tingkat kekuatan terowongan apabila terjadi gempa yang lebih besar dan sepanjang jalur tol cisumdawu juga alhamdulillah tidak ada masalah dan dipastikan jalur tol cisumdawu aman untuk dilalui, dan akan ada beberapa pengembangan ke depan” ucap Tetep.

Tetep mengatakan agar masyarakat Jawa Barat khususnya Kabupaten Sumedang tidak perlu khawatir dengan isu yang berkembang di media sosial terkait retakan di terowongan ruas jalan tol Cisumdawu.

“Saya sampaikan kepada masyarakat Jawa Barat bahwa tol Cisumdawu berada dalam posisi aman untuk dilalui dan informasi yang sampai ke masyarakat sudah di klarifikasi bahwa itu bukan retakan” pungkas Tetep.*