Parlementaria

H.Ruhyat Nugraha Meninjau Kesiapan KPU Kabupaten Karawang.

Karawang.Swara Jabbar Com.-Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang dalam rangka Persiapan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.Senin.(15/1/2024).

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H.Ruhyat Nugraha Daerah Pemilihan Jabar VI (kabupaten Bogor turut hadir dalam kunjungan tersebut.

Komisi I DPRD Jawa Barat melakukan tinjauan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna memastikan persiapan pemilu juga jaminan kesehatan bagi petugas KPPS.

Lebih jauh, H.Ruhyat Nugraha memastikan jangan sampai ada kekeliruan nanti pada pelaksanaan pemilu.

” Kita ingin memastikan kesiapan logistik seperti surat suara dan sebagainya, DPT atau daftar pemilih tetap, DPTb (daftar pemilih tambahan). Kami ingin memastikan tidak ada kekeliruan,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang disorot Komisi I DPRD Jawa Barat satu diantaranya, terkait persiapan rekrutmen KPPS atau kelompok penyelenggara pemungutan suara, khususnya soal jaminan kesehatan bagi petugas KPPS.

“Apakah petugas KPPS sudah mendapatkan asuransi kesehatan atau belum,” ucapnya.

Menurutnya, asuransi kesehatan bagi petugas KPPS sangat penting karena akan bekerja sampai larut malam bahkan tidak menutup kemungkinan sampai dini hari jika ternyata dalam perhitungan suara nanti cukup alot.

“Apalagi kalau perhitungan suaranya banyak, hak pilih di TPS banyak. Sehingga ini harus diantisipasi,” tegasnya.

Jangan sampai ada petugas KPPS sakit bahkan meninggal dunia seperti kejadian Pemilu 2019 lalu. Oleh sebab itu perlu harus diantisipasi agar kejadian di Pemilu 2019 tidak terulang kembali di Pemilu 2024. Pungkasnya. (AP)