Pemerintahan

Lurah Karangmekar Tandatangani Dokumen Usulan Skala Prioritas Hasil Musrenbang 2024

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Lurah Karangmekar tandatangani dokumen usulan perencanaan pembangunan skala prioritas tertinggi dalam kegiatan Musrenbang partisipatif 2024 di aula Kelurahan Karangmekar, Senin (15/1/2024).

Hadir dalam kegiatan musrenbang kali ini diantaranya Kadishub Kota Cimahi selaku Binwil Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah, Perwakilan DP3AP2KB Kota Cimahi, Camat Cimahi Tengah, Lurah Karangmekar.

Kemudian hadir juga Babinkamtibmas, Babinsa Kelurahan Karangmekar, dan LPM selaku pelaksana Musrenbang tingkat Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah tahun 2024.

Dari pantauan dilokasi kegiatan Musrenbang ini di hibur dengan seni budaya dari sanggar panggugah RW 07 Kelurahan Karangmekar Cimahi Tengah.

Lurah Karangmekar Atep Kahma Wijaya, SE.M.M. mengatakan musrenbang partisipatif tingkat Kelurahan Karangmekar ini bagian dari perencanaan pembangunan partisipatif yang melibatkan seluruh unsur masyarakat sebagai stakeholder yang akan menghasilkan usulan program dan kegiatan yang berkualitas dan bersinergi pada perencanaan pembangunan Kota Cimahi yang akan diusulkan di tingkat Kecamatan.

“Tema yang diusung pada Musrenbang tahun ini adalah ‘Perwujudan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia’,”ujar Atep saat memberikan sambutannya, Senin (15/1/2024)

Lanjut Atep menuturkan tema pembangunan ini diambil sebagai upaya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi melalui pemerataan distribusi pendapatan dan juga peningkatan sumber daya manusia sebagai daya saing ekonomi.

Melalui pemberdayaan masyarakat, tambah Atep memaparkan Kota Cimahi memilki sumber daya manusia berlimpah dan meningkatkan kualitas dan keunggulannya melalui program program yang dapat menghasilkan kontribusi positif bagi pertumbuhan dan perekonomian secara makro.

“Melalui Rempug warga, FGD, dan Musrenbang sudah banyak program usulan yang direalisasikan baik melalui kelurahan maupun melalui dinas terkait yang ada di pemerintah Kota Cimahi,”paparnya.

Atep mengungkapkan perlu disampaikan bahwa seluruh kegiatan perencanaan pembangunan mulai dari Forum RW atau rembug warga pada November 2023, pra musrenbang atau FGD dan Musrenbang tingkat Kelurahan, tingkat kecamatan dan tingkat Kota Cimahi.

“Seluruh proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan di Kota Cimahi telah menggunakan program SIPD dari Kemendagri,”ungkapnya.

Atep berharap semoga apa yang diharapkan warganya melalui usulan di musrenbang ini dapat diakomodir di tingkat kecamatan hingga ke tingkat kota. Usulan ini perlu diperjuangkan, agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Dalam kesempatan yang sama perwakilan PJ Wali Kota Cimahi melalui Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ruswanto selaku Binwil Kelurahan Karangmekar mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Musrenbang 2024 ini.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kelurahan Karangmekar yang sudah melaksanakan musrenbang,”ujarnya.