TNI

Pangdam III/Slw: Bintara Harus Jadi Tauladan Bagi Anak Buah

Kab. Bandung.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Penyumpahan Prajurit Siswa Dikmaba TNI AD TA. 2023 (OV) dan Siswa Atlet Dikmaba TNI AD TA. 2023 di Lapangan Patriot Secaba Rindam III/Siliwangi Jl. Arcamanik Bihbul Kab. Bandung, Senin (29/01/2024).

Pada upacara penutupan pendidikan tersebut, Pangdam III/Slw melantik sebanyak 307 orang Bintara PK TNI AD yang terdiri dari 169 orang Bintara Reguler, 87 orang Bintara Keahlian dan 51 orang Bintara Atlet dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

Bintara merupakan unsur komandan terdepan di satuan sebagai ujung tombak dalam membina prajurit di bawahnya serta merupakan kepanjangan tangan dari seorang Komandan Satuan (Dansat).

“Bintara sebagai unsur komandan harus menjadi tauladan bagi anak buahnya. Sehingga harus mempunyai sikap dan kepribadian yang baik, jasmani yang unggul serta pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni agar tidak menjadi beban anak buah di satuan,” jelas Pangdam.

Bintara juga harus memiliki kepedulian terhadap setiap anggotanya dan bisa menjadi motivator bagi seluruh anak buahnya termasuk keluarganya. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab jabatan setiap unsur komandan.

Pada kesempatan itu, Mayjen TNI Erwin Djatniko juga memberikan pesan khusus kepada para Bintara yang baru dilantik. Sebagai anggota TNI harus mempedomani Netralitas TNI pada Pemilu 2024, tidak boleh ditawar-rawar lagi dan harus dipegang teguh dimanapun bertugas.

Sedangkan terkait dengan kemampuan yang telah didapatkan oleh para prajurit, hendaknya hal tersebut digunakan untuk memupuk keberanian seorang prajurit di medan tugas, bukan untuk menakuti dan menyakiti orang lain.

“Kepada para prajurit Bintara, takutlah pada Tuhan karena langkahmu akan diselimuti kebenaran. Jadilah prajurit yang pemberani bukan pengecut dan penakut,” tegas Pangdam.

Usai upacara pelantikan, para mantan siswa Bintara menampilkan berbagai ketangkasan prajurit dan talenta yaitu kolaborasi musik, BDM, senam balok, Nikpursus serta diakhiri dengan Yel Yel.

Upacara dihadiri oleh Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Kadisjasad, Danrindam III/Slw, Danpusdikjas, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dansat dan Balakdam III/Slw, Ka SPN Polda Jabar, Ketua Persit KCK Daerah III/Slw beserta Pengurus. (Pendam III/Siliwangi).