Pemerintahan

Diskominfo – BPS Sinkronisasi Desk Data Jabar

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat melaksanakan Desk Data Provinsi Jawa Barat pada 29 – 31 Januari 2024.

Desk Data dilakukan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi, dihadiri perwakilan staf perangkat daerah di Jabar, serta diskominfo kabupaten dan kota.

Kemudian dilakukan zoom meeting untuk perangkat daerah di seluruh kabupaten dan kota untuk konfirmasi dan verifikasi data.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jabar mengatakan, Desk Data Diskominfo – BPS bertujuan untuk melaksanakan penjaminan kualitas data statistik sektoral dari perangkat daerah yang akan ditampilkan dalam publikasi ‘Jawa Barat 2024 dalam Angka.’

Ketua Tim Integrasi Pengolahan dan Diseminasi BPS Provinsi Jawa Barat Yudi Purbosari menambahkan, BPS telah menemukan beragam permasalahan dalam pengecekan data statistik sektoral yang tersedia.

Permasalahan di antaranya inkonsistensi data yang disebabkan penggunaan konsep dan definisi yang tidak seragam, serta cut off pengambilan data yang berbeda.

Permasalahan konsep dan definisi yang tidak seragam ini, banyak terjadi pada data-data yang bersifat kumulatif berasal dari kabupaten dan kota, sehingga angka yang dirilis oleh provinsi tidak sama dengan penjumlahan angka dari kabupaten dan kota.

Melalui kegiatan Desk Data ini disepakati yakni, pertama, kesepakatan dalam penggunaan konsep dan definisi yang sama.

Kedua, pengambilan waktu cut off data yang sama. Ketiga, pengecekan kembali untuk data yang belum konsisten terutama dari segi waktu.

Selanjutnya, untuk finalisasi pada data-data yang belum konsisten ataupun yang masih bersifat sementara akan dilaksanakan rapat lanjutan seperti Focus Group Discussion.

“Mari kita tunggu kegiatan penjaminan kualitas data di tahapan selanjutnya untuk mewujudkan Publikasi Jawa Barat yang berkualitas,” tutup Yudi Purbosari.