Parlementaria

Ruhyat Nugraha : Mendorong Desa Wisata Mandiri.

Kab Bogor.Swara Jabbar Com.-Desa wisata merupakan sebuah konsep pengembangan daerah yang menjadikan desa sebagai destinasi wisata. Pengelolaan seluruh daya tarik wisata yang tepat diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa itu sendiri. Sesuai dengan prinsip utama dalam desa wisata, yaitu desa membangun.
 
Sejalan dengan tujuan pembangunan kepariwisataan, Pemerintah mengembangkan desa wisata yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.Hal ini dikatakan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Ruhyat Nugraha.
 
Lebih lanjut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ruhyat Nugraha menuturkan Jawa Barat mengedepankan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian, maka sudah seharusnya desa-desa wisata yang ada terus dikembangkan dan berkembang secara mandiri. Tetapi ketika terbentur dengan anggaran, maka desa wisata itu sudah bisa mandiri ujarnya.
 

Kedepan Ruhyat Nugraha berharap untuk desa wisata yang sudah mampu berkembang tidak perlu lagi meminta bantuan lebih dari pemerintah, pasalnya bantuan tersebut harus dipertanggungjawabkan dengan serius. Dengan begitu, pemerintah juga bisa membantu dan mengembangkan desa wisata lain yang berpotensi untuk dikembangkan, terutama bagi desa wisata yang belum tersentuh bantuan pungkasnya.(AP)