Pendidikan

Cosplay Tokoh Islam Dunia di Gelar SMAN 26 Bandung

Bandung.Swara Jabbar Com.-Memperingati Isra Mikraj, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 26 Bandung menggelar tausyiah, doa, dan penampilan seni keislaman. Tak hanya itu, kegiatan juga diisi inovasi baru, yakni cosplay tokoh Islam dunia.

Para peserta dari perwakilan kelas tampil layaknya model dan mendalami peran bak aktor dan aktris. Mulai dari Ummar bin Khatab, Bilal bin Rabah, Siti Aisyah hingga Ummu Fadhl.

Kepala SMAN 26 Bandung, Lia Aprilina mengatakan, sekolah amat mendukung dan memberi ruang bagi siswa untuk berinovasi dan menuangkan ide kreatif. Pada kegiatan cosplay tersebut, ia menilai, siswa mendapatkan pengetahuan dari beragam bidang ilmu, seperti agama dan sejarah.

“Mereka juga merasakan dan berperilaku sebagai tokoh. Dengan internalisasi (penghayatan), ini jauh lebih lebih baik daripada sekadar informasi,” katanya disela kegiatan Senin (12/2/2024).

Ia berharap, melalui peringatan Isra Mikraj, siswa mampu mengamalkan kewajibannya sebagai umat muslim.

“Salah satunya, salat sebagai tiang agama. Kalau salatnya benar, perilakunya akan benar dan menjadi masyarakat yang baik,” katanya.

Kegiatan tersebut juga sejalan dengan visi sekolah, yakni membangun peserta didik unggul, berbudaya, bahasa, ilmu pengetahuan, teknologi serta berwawasan lingkungan berlandaskan iman dan takwa.

“Ini juga sesuai dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk mengembangkan karakter peserta didik,” pungkasnya. ***