Pemerintahan

Pj.Cimahi Dicky Saromi Bentuk Tim Akselarasi Penyelenggara Pelayanan Publik

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi membuka langsung kick off dimulainya Tim Akselarasi Penyelenggara Pelayanan Publik Kota Cimahi tahun 2024, Rabu (28/2/2024)

Dibentuknya tim akselarasi penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya peningkatan standar pelayanan publik semakin lebih baik lagi.

Kegiatan ini dilaksanakan Mall Pelayanan Publik Kota Cimahi. Hadir dalam acara tersebut Ombudsman Jabar, Asisten administrasi umum Maria Fitriana, Kepala perangkat daerah, perwakilan Camat dan Lurah dan Kepala Keasistenan pencegahan, Asisten Pengaduan Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pj Wali Kota Cimahi mengatakan tim Ini merupakan tim yang di bentuk khusus untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Pelayanan publik merupakan sesuatu yang prioritas dan yang di harapkan oleh masyarakat. Eksistensi pemerintah itu berada di pelayanan publik,” ujar Dicky setelah membuka acara Kick Off Akselarasi Penyelenggara Pelayanan Publik di MPP.

Lanjut Dicky memaparkan di tahun 2023 pelayanan publik Kota Cimahi berada di peringkat 61, kini menjadi peringkat ke 10 besar terbaik di Indonesia untuk katagori kota.

“Nantinya, tim yang sudah dibentuk ini akan terus meningkatkan bahkan kalau bisa menjadi peringkat ke satu atau tiga besar. Maka ini menjadi bukti kepada masyarakat bahwa pemerintah Kota Cimahi telah melakukan yang terbaik dari segi pelayanan,”paparnya

Disamping itu juga Dicky mengungkapkan, ada empat dimensi dalam pelayanan publik. Pertama Dimensi Input, yaitu SDM nya dan sarana prasarana.

“Kemampuan SDM, menjadi catatan yang harus terus di perbaiki karena tantangan semakin kompleks,”ungkapnya.

 

Kemudian yang ke dua yaitu dimensi proses, menurut saya dimensi ini sudah baik karena kita punya SOP dan sebagainya.

Selanjutnya yang ketiga yakni Dimensi out Put, setiap pengaduan atau harapan masyarakat terhadap pelayanan publik kita akan coba cek puas atau tidak.

“Ke empat Dimensi pengaduan, ini yang akan kita perbaiki dalam pengaduan dari masyarakat, dari empat dimensi, Dimensi pengaduan yang akan kita perbaiki,”ugkap Dicky.

 

Sementara dalam kesempatan yang sama Ombudsman Jabar mengaparesi terhadap pelayanan publik yang dilakukan pemerintak Kota Cimahi mengalami peningkatan hingga 10 besar.

“Kami sangat apresiasi terhadap kinerja pemerintah Kota Cimahi dalam pelayanan publik,”pungkasnya *