Ekonomi

Air kelapa

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada pepatah
健康是人生最大的财富,健康是上帝的恩赐
Jiànkāng shì rénshēng zuìdà de cáifù, jiànkāng shì shàngdì de ēncì artinya kesehatan adalah harta terbesar dalam kehidupan, kesehatan adalah Anugerah Tuhan.

Saat ini adalah musim pancaroba peralihan musim dingin ke musim panas, tubuh harus fit Dan sehat selalu. Selain berolahraga, harus juga Ada makanan Dan minuman yang jaga kesehatan tubuh kita.
Air kelapa adalah minuman yang menyehatkan Dan murah harganya.

Satu butir air kelapa mengandung vitamin B6 sebesar 0,032 mg, Dan Vitamin C 2,4 Mg, Asam Pantotenat (B5) 0,043 mg.
“Air kelapa adalah cairan berwarna bening yang tersimpan di dalam buah kelapa. Kandungan utama di dalam air kelapa adalah gula. Gizi di dalam air kelapa meliputi air, karbohidrat, protein, dan lemak. Air kelapa telah dimanfaatkan sebagai minuman di kawasan tropis dan penyembuh bagi tubuh manusia yang mengalami keracunan makanan.Air kelapa mengandung gula dalam bentuk fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Umur buah kelapa mempengaruhi komposisi gula di dalam air kelapa. Kandungan fruktosa dan glukosa dalam air kelapa akan meningkat seiring bertambah tuanya buah kelapa. Sementara sukrosa semakin mengalami penurunan kandungan di dalam air kelapa seiring bertambah tuanya buah kelapa. Selain itu, kandungan gula di dalam air kelapa menyebabkan terjadinya fermentasi secara spontan.

Kondisi ini membuat rasa air kelapa cepat menjadi asam sehingga masa penyimpanannya tidak tahan lama. “Sementara itu, kandungan mineral lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.
minum air kelapa bagus untuk kesehatan jantung, lantaran dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa.

Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Alhasil, khasiat air kelapa ini berpotensi mencegah terbentuknya penggumpalan darah. “Di samping itu, air kelapa juga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik). “Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.”
“khasiat air kelapa bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda.

Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Ini karena kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).”