Regional

PT.Palma Pertiwi Makmur Menggelar Soft Opening Agrofestry di Desa Sugimukti

Bandung.Swara Jabbar Com.Kegiatan Agroforestry untuk pengelolaan lahan untuk pengembangan bisnis di bidang agro yang dilaksanakan oleh PT Palma Pertiwi Makmur Jawa Barat jjn yang telah ditunjuk oleh Kementerian Pertahanan RI. Minggu (10/3/2024) di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Acara yang mengusung Tema, Pengembangan lahan produktif di Jawa Barat melalui pola integrasi kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, wisata dalam mendukung program ketahanan pangan Indonesia sebagai Lumbung Pangan International, energi baru dan terbarukan berbasis Agroforestry, Silvofishery, dan Silvopasturaā€¯. Dihadiri jajaran Komisariat PT Palma Pertiwi Makmur, jajaran Organisasi Pemerintahan Daerah Kabupaten, yang mewakili hadir dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, juga Forkopimcam Kecamatan Pasirjambu.

Dari beberapa wilayah Kabupaten yang menjadi Pilot Project PT Palma Pertiwi Makmur Jawa Barat untuk yang pertama kalinya dibuka di Kabupaten Bandung dengan titik proyeksi dilaksanakan di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu.

Adapun luas lahan yang akan dijadikan pilot project PT Palma Pertiwi Makmur ada dua titik di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu seluar yaitu 640 hektar dan 840 hektar. Ujar mardianto persiden derektur PT Palma Pertiwi Makmur.
Dari perijinannya sendiri, Pihak Perusahaan telah mengantongi ijin yang dikeluarkan melalui BPKH juga telah melakukan Tapal Batas dimana lahan tersebut akan dijadikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan yang akan dikelola.

Disampaikan persiden derektur PT.Palma Pertiwi Makmur Mardianto , bahwa project tersebut sebagai upaya dalam rangka meningkatkan Ketahanan pangan sekaligus menjadi project sebagai Lumbung Pangan skala Nasional.

Dimulai dari Kabupaten Bandung meliputi tiga Kecamatan yaitu, di wilayah Pacira (Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali), secara total keseluruhan Luas area yang akan dikerjakan sekitar 2300 hektar. Ucapnya.

PT Palma Pertiwi Makmur dalam mengawali program yang ditunjuk Menteri Pertahanan itu telah melakukan koordinasi baik dengan jajaran Pemangku Kebijakan di Kabupaten Bandung juga dengan Para Pemangku Kebijakan di Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya pun dalam Soft Opening kegiatan yang berlangsung hari ini Minggu (10/3/2024) dibantu juga dihadiri perwakilan Polda Jawa Barat, Kodan III Siliwangi juga perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, para PPL Pertanian juga jajaran Muspika Kecamatan Pasirjambu. Ujar Mardianto .

Adapun lahan tersebut, sebagaimana dikatakan Mardianto Persiden derektur PT Palma Pertiwi Makmur PT PPM Sudah bekerjasama dengan 11 kementerian ,yang mana PT PPM ditujuk sebagai stakeholder oleh pihak menhan sendiri.Pungkasnya** Rucipta Sam