Pendidikan

Herman Suryatman : PPDB 2024 Harus Menjaga Keadilan, Transparan dan Tidak Diskriminatif

Bandung.Swara Jabbar Com.-Menjelang  pelaksanaan  penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SMA Negeri/SMK Negeri/SLB Negeri tahun  2024,   Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Kamis, 4 April 2024 lalu.

 

Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman mengatakan, dalam rapat koordinasi tersebut pihaknya menggarisbawahi tiga hal yang menjadi prinsip pelaksanaan PPDB Jabar 2024.

“Kita mempertajam desain yang sudah disiapkan oleh dinas pendidikan provinsi Jawa Barat, yang pertama prinsip dasar yang perlu kami tegaskan di sini sebagaimana arahan pak gubernur yang pertama PPDB tahun 2024 itu harus menjaga keadilan dan transparansi memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua peserta didik dengan hak yang sama, tidak ada diskriminatif,” katanya.

Yang kedua harus bersih bebas dari KKN dan tidak ada titipan dari manapun. Bersih dan bebas dari KKN tidak boleh ada intervensi dari setiap manapun harus objektif.

 

“Jadi good governance clean governance karena ini kan proses pendidikan. Kalau diawali dengan bersih insyaallah nanti prosesnya juga akan bagus,” ucapnya. Kemudian yang ketiga, lanjut Herman, karena PPDB ini adalah hajat hidup orang banyak dan menyangkut generasi yang akan datang maka perlu kolaborasi.

“Insya Allah dengan kolaborasi gotong royong dengan sabilulungan begitu makanya dibutuhkan kerja sama semua baik di tingkat provinsi maupun antar provinsi dan kabupaten, bahkan sampai kecamatan desa. Sehingga dengan demikian agar bisa memiliki dari semuanya jangan sampai terjebak dengan sma-smk urusan provinsi ya, justru jadi urusan Kabupaten kota juga karena faktanya semua SMK SMA kan adanya di Kabupaten kota,” Pungkasnya. (die)