Parlementaria

Nia Purnakania : Program Rutilahu Bermanfaat Bagi Masyarakat.

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Jabar, Hj. Nia Purnakania SH., M.Kn. menjelaskan bahwa program Rutilahu DPRD Jabar akan dilanjutkan bersama dengan Pj Gubernur Jawa Barat.

“Program rutilahu sangat membantu masyarakat agar dapat hidup di rumah yang layak huni, yaitu rumah ada ventilasi udara yang cukup, sinar matahari masuk, dinding rumah tidak lembab, dan tidak lagi beralaskan tanah tetapi dikasih ubin,” terang Nia.

Legislator PDI Perjuangan ini juga mengatakan bahwa DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar dalam APBD Murni Jabar T.A sebesar Rp.200 Miliar.

“Namun, berdasarkan hasil kajian DPRD Jabar, ada puluhan ribu rumah yang masih dalam kondisi tidak layak huni, maka kita di DPRD Jabar akan melanjutkan dan menambah anggaran dalam Perubahan APBD Jabar 2023,” ujar legislator dari dapil Jabar II Kabupaten Bandung tersebut.

Soal berapa anggaran yang dapat disedia dan berapa jumlah rumah warga yang tidak layak huni dapat program Rutilahu, i, program Rutilahu ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegas Nia.

Nia menjelaskan bahwa, setiap unit rumah warga yang akan dibedah dialokasikan anggaran sebesar Rp 20 Juta/ unit

“Dengan kondisi rumah layak huni, diharapkan masyarakat yang tinggal di dalam rumah tersebut dapat hidup sehat dan bersih,” harapnya.(AP)