Parlementaria

Momentum Hari Kartini, Nia Purnakania Mendorong Kesetaraan Gender.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. RA Kartini adalah sosok wanita yang berjasa besar dalam memperjuangkan hak-hak dan emansipasi wanita Indonesia.

“Kartini dikenal sebagai pelopor dalam memperjuangkan pendidikan bagi perempuan serta pembebasan mereka dari tradisi yang membatasi,” ujar anggota DPRD Jabar, Nia Purnakania, SH., M.Kn..

Legislator PDI Perjuangan ini juga menyebut Hari Kartini memicu refleksi tentang seberapa jauh masyarakat telah mencapai visi Kartini dalam mewujudkan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan di Indonesia.

Kartini memperjuangkan akses pendidikan bagi perempuan pada masanya. Peringatan Hari Kartini menjadi momentum untuk memperingatkan pentingnya pendidikan bagi perempuan dan mendorong setiap individu, terutama perempuan, untuk mengembangkan potensi mereka melalui pendidikan.

 

“Ini juga menjadi kesempatan untuk merayakan pencapaian perempuan dalam berbagai bidang, serta menyoroti tantangan dan pekerjaan yang masih harus dilakukan untuk mencapai kesetaraan yang lebih besar,” lanjutnya.

Dengan merayakan Hari Kartini, masyarakat Indonesia diingatkan untuk terus mendukung dan memperjuangkan hak-hak perempuan, serta memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan negara,” pungkasnya.

Peringatan Hari Kartini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964 yang ditandatangani oleh presiden pertama Republik Indonesia Ir Sukarno pada 2 Mei 1964, bahwa tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini. 21 April adalah hari lahir RA Kartini.(AP)