Pemerintahan

Pj.Cimahi Dicky Saromi Membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Kota Cimahi.

Cimahi.Swara  Jabbar Com.-Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang Sekolah Dasar (SD) Kota Cimahi Tahun 2024 bertempat di SDN Karangmekar Mandiri 1, Selasa (07/05/2024).

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N ) tingkat SD di Kota Cimahi Tahun 2024, yang berlangsung di SDN Karangmekar Mandiri 1, melibatkan seluruh SD di kota tersebut. Lomba-lomba mencakup nyanyi solo, cerita bergambar, pantomim, dan tari kreatif.

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi menyampaikan acara ini merupakan upaya untuk mengidentifikasi bakat seni anak-anak SD serta mendukung pembentukan karakter mereka.

“Ini bagian dari upaya kita mendukung pendidikan karakter supaya anak-anak lengkap, tidak hanya dari segi akademis, tetapi juga dari segi seni dan olahraga.”

Dicky juga berharap agar partisipan bisa tampil baik dan menghasilkan juara tidak hanya di tingkat kota, tetapi juga di Jawa Barat dan nasional,” tutup Dicky.

Kepala Dinas Pendidikan Cimahi, Nana Suyatna, menyampaikan harapannya agar Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat kota dapat menjadi batu loncatan untuk eksistensi seni siswa hingga tingkat provinsi dan nasional.

“Mudah-mudah dari hasil lomba yang disampaikan oleh pak wali kita bisa berkiprah di tingkat provinsi dan tingkat nasional,” ujar Nana Suyatna, menyoroti potensi siswa dalam bidang seni.

Menyikapi upaya pembentukan karakter siswa, Nana Suyatna menegaskan bahwa di awal bulan ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.

Dalam olah pikir kita akan mengadakan Olimpiade Siswa Nasional (OSN), dan mengadakan O2SN,” seraya menambahkan, menyoroti pentingnya pengembangan minat dan bakat siswa di bidang akademik dan olahraga.

Lebih lanjut Nana Suyatna juga menyampaikan bahwa siswa kelas 6 saat ini tengah menjalani ujian, sementara kegiatan lainnya tetap berlangsung.

“Adapun yang terpilih nanti kita lanjutkan ke tingkat provinsi. Provinsinya di bulan Agustus,” jelasnya, mengenai proses seleksi peserta yang akan maju ke tingkat berikutnya.

Sementara itu, Nana Suyatna mengungkapkan bahwa dari total 354 siswa dari berbagai sekolah di Cimahi telah mengirimkan karya-karya mereka untuk festival ini.

“Kendala yang dihadapi untuk saat ini tidak ada, hanya saja ketika COVID-19 secara berani. Mungkin masih memerlukan dukungan dari pihak lain, mudah-mudahan ada keberhasilannya,” menyimpulkan, menyoroti tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan festival ini,” tandasnya. (**)