Regional

Benarkah Jika Gunung Slamet Meletus Dapat membelah Pulau Jawa?

Bandung.Swara Wanita Net.

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada Ramalan Joyoboyo jika Gunung Selamet Meletus maka pulau Jawa Terbelah jadi dua, sehingga Ada yang berpandangan bahwa Gunung Selamet Berada dii Tengah tengah pulau jawa sehingga ketika meletus dapat membelah pulau Jawa. “Nama Gunung ini muncul sekilas di Babad Banyumas. Gunung Slamet juga muncul di buku Niskala. Pembahasan yang sedikit panjang mungkin terdapat di Induk Naskah-naskah Nusantara.”

Berapakah Luasnya Pulau Jawa? berdasarkan Wikipedia luas pulau Jawa 126.700 km persegi merupakan pulau terbesar urutan ke 5 di Indonesia, jumlah penduduk mencapai 150 juta jiwa.
Gunung Selamet adalah sebuah gunung berapi kerucut tipe A yang berada di Jawa Tengah, Indonesia, dan merupakan gunung tunggal yang terpisah dari pegunungan. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan data diatas berarti letak Gunung Selamet bukan berada di tengah pulau Jawa. Penjelasan Letusan Gunung Slamet

Menurut Koordinator Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Ahmad Basuki, anggapan bahwa erupsi Gunung Slamet bisa membelah Pulau Jawa tidak berdasar.

Berdasarkan catatan historis, Gunung Slamet memiliki Volcanic Explosivity Index (VEI) maksimal 2, dengan ketinggian kolom erupsi antara 1-5 kilometer.

Berdasarkan data diatas ramalan jika Gunung Selamet Erupsi akan membelah Pulau Jawa tidak terbukti karena data Volcanic Explosivity Index (VEI) maksimal 2 dengan ketinggian Kolom Erupsi antara 1-5 Kilometer artinya menandakan jika erupsi tidak tergolong besar untuk meratakan atau membelah pulau Jawa dan letaknya bukan di tengah pulau Jawa. Dimanakah Tengah Pulau Jawa ?

Ada pendapat menyatakan titik tengah pulau Jawa di kabupaten Temanggung karena letaknya di antara 2 gunung besar yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. “Ada juga yang menyatakan bahwa titik tengah Pulau Jawa berada di Desa Kaliboto, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Lokasi ini sering disebut sebagai titik tengah berdasarkan perhitungan geografis yang mempertimbangkan batas-batas paling timur, barat, utara, dan selatan Pulau Jawa. Sampai saat ini belum Ada data yang pasti titik tengah pulau Jawa