Regional

Kho Wan Gie Pencipta Put On kelahiran Indramayu

Indramayu.Swara Jabbar Com.-努力奋斗的人才能梦想成真
Nǔlì fèndòu de rén cáinéng mèngxiǎng chéng zhēn artinya orang yang kerja keras dapat wujudkan mimpi
Untuk Pencinta Komik era 1940 mungkin mengenal tokoh bernama Put On.

Siapakah pencipta Karakter Put On sesungguhnya?
Kho Wan Gie lahir di Indramayu tahun1908 menciptakan tokoh Put On di koran Sin Po 17 Januari 1931. Put On berasal dari Bahasa Hokkian (Fujian) artinya Aktif rajin bekerja.

Kho Wan Gie adalah seorang Komikus generasi pertama di Indonesia yang menggabungkan kisah dengan Gambar . Tokoh Put On terinspirasi oleh karakter Jiggs dari kisah Bringing up Father yang dibuat oleh George Mc Manus.

Kho Wan Gie belajar melukis dari J Frank dan HV Velthuisen. Dia juga belajar melukis secara korespondensi ke AS. Awal mulanya Kho Wan Gie bekerja sebagai Illustrator di Majalah Panorama
Tokoh Put On Sejak pertama kali diterbitkan 17 Januari 1931 pada Koran Sin Po dapat bertahan selama 31 tahun digemari oleh masyarakat kita.

Karya komik Kho Wan Gie pertama di terbitkan tahun 1929.”Tema cerita Put On didapat oleh Kho Wan Gie sebagai respons keseharian situasi di Jakarta.

“Put On” bercerita tentang seorang pria bujangan gendut dari kelas menengah yang lugu dan konyol yang tinggal bersama ibunya (“Nek”) dan dua adiknya, “Tong” dan “Peng”. Kadang-kadang muncul pula teman baiknya, “A Liuk”, “A Kong” (wakil dari kaum totok), “O Tek” (wakil dari Tionghoa Belanda). Kho Wan Gie menyesal karena membiarkan Put On tidak menikah, walaupun begitu dia berhasil mengeluarkan identitas dan isu peranakan Tionghoa melalui karakter Put On

 

Jeremy Huang Wijaya