Parlementaria

Saat Reses Tia Fitriani Adakan Pelatihan Mijel

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Program kegiatan bagi para anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk mengisi masa reses ke-ll tahun sidang (TS) 2021 – 2022 yang dijadwalkan pada 7 – 16 Maret 2022. Selain mendatangi konstituen untuk menyerap aspirasi, mereka juga mengadakan berbagai kegiatan.

Tia Fitriani Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi NasDem Persatuan Indonesia, tak hanya menyapa dan bersilaturahmi dengan masyarakat di daerah pemilihan (dapil) 2 kabupaten Bandung, ia juga mengisinya dengan mengadakan Pelatihan Mijel yaitu Minyak jelantah (mijel) sabun yang dapat digunakan untuk mencuci, yang bekerjasama dengan Pusdiklat Dulur Satia di GOR Desa Ganjarsabar jalan Cibeuneur – Pasangrahan Kidul Kp Pasangrahan Kidul Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung , Senin (14/3/2022)

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir kades Ganjarsabar , Kades Ciaro, pelatih Mijel Susi, kader partai Nasdem ,kader PKK dan Posyandu Ganjarsabar, dan ibu ibu di desa Ganjarsabar.

Seusai pelaksanaan kegiatan, Tia Fitriani mengatakan,”Alhamdulillah pada hari ini saya hadir di Desa Ganjarsabar untuk memenuhi aspirasi atau permintaan masyarakat di desa Ganjarsabar yang meminta adanya pelatihan untuk pembuatan sabun mijel yaitu sabun dari minyak jelantah”,ucapnya.

Masih menurut Tia Fitriani, peserta reses ll 2021 – 2022 dan pelatihan pada hari ini sebanyak 200 ibu ibu di Desa Ganjarsabar.

“Kebetulan saya juga selaku ketua Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Jawa barat, ingin
juga memberdayakan perempuan ,karen perempuan adalah sosok yang luar biasa, maka kenapa saya mengenalkan tentang pengolahan pembutan sabun mijel, karena ini akan mengajarkan kepada para perempuan atau ibu rumah tangga khususnya, bagaimana mengolah limbah rumah tangga berupa minyak jelantah menjadi sabun yang berguna bisa digunakan untuk mencuci pakaian, mencuci lap, keset dan lain sebagainya bahkan mencuci sepatu bisa bersih kembali”,tuturnya.

Tia Fitriani mengatakan, “Dengan memanfaatkan limbah dari minyak jelantah yang juga termasuk B3 ini diharapkan, bermula dari rumah tangga supaya tidak membuang sembarangan minyak jelantah ini tetapi dimanfaatkan sebagai sabun minyak jelantah yang berguna”, Tambahnya.

“Insyallah program serupa juga akan dilaksanakan di desa- desa yang lainnya”,Pungkas Tia Fitriani.

Sementara itu kepala desa Ganjarsabar Siti Hasanah mengapresiasi dengan adanya reses dan pelatihan sabun mijel oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Nasdem Tia Fitriani.

“Selain tadi menyerap aspirasi dan semoga dengan adanya pelatihan sabun mijel ini dapat meningkatkan umkm di Keluarga masyarakat Ganjarsabar dan semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya para ibu ibu”, katanya.

“Kami bangga dengan kedatangan ibu Tia Fitriani anggota DPRD Jabar yang sempat datang di desa kami selanjutnya kami berharap Ibu Tia bisa bekerjasama dengan kami atau lembaga-lembaga pemerintahan desa yang ada di kami dan tentunya untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat kami secara khususnya dan masyarakat Kecamatan Nagreg pada umumnya”,ucapnya.

Lanjut Siti Hasanah, “Dan yang saya ketahui juga bahwa Partai Nasdem ini merupakan partai yang memiliki konsistensi demokrasi yang sangat kuat dengan mengusung restorasi politik tanpa mahar dan ini merupakan salah satu kekuatan bagi Nasdem sehingga Partai Nasdem semakin melesat cepat maju dan diterima oleh masyarakat secara umum”,ujarnya.

Masih kata Kepala desa Ganjarsabar ini, ” Selanjutnya kami juga berharap mudah-mudahan Ibu Tia ke depannya bisa kembali eksis dalam pencalonan di 2024 Nant, Insya Allah kami masyarakat desa ganjarsabar mendukung Ibu, karena saya merasakan sama-sama perempuan saya kepala desa perempuan, dengan ibu Tia juga sebagai anggota DPRD perempuan, Insya Allah perempuan hari ini harus maju perempuan harus mandiri perempuan harus memiliki eksistensi yang kuat yang hebat sehingga bisa mengangkat perempuan-perempuan yang lain untuk lebih maju ke depan Terima kasih mungkin itu yang bisa saya sampaikan”,tutupnya. (die)