Regional

HEBOH TUMPUKAN SAMPAH.DI SITUS NAGAR PADANG.SIAPA YANG TANGGUNGJAWAB.

Kabupaten Bandung.Swara Jabbar Com.-Situs Nagara Padang yang terletak di Desa Rawa Bogo Kec.Ciwidey Kab.Bandung.yang konon situs Nagara Padang tersebut di keramatkan oleh msyarakat setempat.

Nagara Padang sendiri punya arti .Nagara adalah wilayah sedangkan Padang memiliki makna tempat yang luas. atau terang dengan demikian secara utuh Nagara Padang bisa di artikan sebagai suatu tempat atau gunung yang mampu memberikan pencerahan atau cahaya kepada yang mengunjunginya atau masyarakat sekitarnya.

Namun sangat di sayangkan ada beberapa gelintir orang yang ikut andil dalam pencemaran lingkungan di sekitar situs gunung Padang di Cikahuripan .sebagai mana telah di beritakan oleh beberapa media.dan betul telah di temukan tumpukan sampah berupa BH.dan Celana dalam wanita.

Dan saat wartawan Swaara Jabbar Com komfirmasi dan wawancara pada Hari jumat tgl 21 oktober 2022. Kepada dua juru kunci yaitu .Bah Tarma.dan Bah Undang. Bah Undang dan Bah Tarma mengatakan .saya sudah empat puluh tahun menjadi juru kunci baru kali ini ada kejadian seperti ini.dan ketika di tanya tentang ritual buang sial pakai cara buang pakian.bah Tarma dan Bah Undang dia geleng kepala katanya di sini tidak adak praktek seperti itu jangankan pakian dalam sehelai kain pun tidak pernah.bah kan yang mau ke gunung itu paling di suruh mandi dan wudhu dulu baru naik ke atas. Mereka pun ketika mendengar berita seperti itu heran dan kaget karna selama ini tidak ada kejadian seperti ini. Lantas di tanya tetang siapa yang bertanggung jawab kepada kejadian ini.

Bah Tarma dan Bah Undang bingung katanya sekarang ini banyak juru kunci yang dari luar bawa pasen langsung ke tempat makanya tidak bisa ter kontrol katannya .siapa yang ber buat karna memang tidak ada bukti. Selanjutnya meraka cerita padahal sebetulnya ini sudah ada paguyuban juru kunci. Dan parajuru kunci setiap bawa pengunjung itu bayar karcis. sepuluh ribu per orang kepada paguyuban tadi salah satu kos anggaran ter sebut telah tercantum buat ke amanan dan kebersihan..kalau melilahat seperti itu lantas apa pungsi bayar karcis tersebut sampai terjadi seperti ini minimal terkontrol.oleh pengelola.kawasan situs tersebut. Jadi abah oge bingung katanya sambl ketawa kecil .saha nu bakal tanggungjawab nya lamun ges kie kuncen we nu kateumpuhan mah .pungkasnya.***js.sdkn.